androidvodic.com

Zelensky Temui Rishi Sunak, Inggris Janjikan Ratusan Drone Jarak Jauh ke Ukraina - News

News - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak menjanjikan ratusan drone serang dengan jangkauan operasional lebih dari 200 kilometer untuk Ukraina.

Pemerintah Inggris mengumumkan bantuan militer itu saat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunjungi London, Inggris, Senin (15/5/2023).

"Hari ini Perdana Menteri akan mengonfirmasi penyediaan ratusan rudal pertahanan udara Inggris lebih lanjut dan sistem udara tak berawak lebih lanjut termasuk ratusan drone serangan jarak jauh baru dengan jangkauan lebih dari 200 km," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters.

Inggris juga menjanjikan gudang senjata yang mencakup ratusan rudal pertahanan udara dengan semua senjata yang akan dikirim dalam beberapa bulan mendatang.

Senjata-senjata ini dimaksudkan untuk mendukung serangan balasan Ukraina yang telah lama diharapkan terhadap pasukan Rusia.

Pekan lalu, London mengonfirmasi telah memasok rudal jelajah Shadow Storm jarak jauh ke Ukraina, dikutip dari RT.

Baca juga: Presiden Ukraina Zelensky Tiba di Inggris setelah Kunjungi Italia, Jerman, Prancis

Menurut otoritas sipil Rusia di Lugansk, rudal jelajah dari Inggris itu digunakan oleh Ukraina untuk menyerang sasaran sipil di Lugansk.

Sebuah serangan menggunakan senjata baru pada Sabtu (13/5/2023) melukai enam anak di kota yang sebelumnya dianggap aman karena terbatasnya jangkauan persenjataan Ukraina.

Inggris mengklaim rudal jelajah tidak ofensif tapi akan sangat penting dalam membantu negara bertahan dari serangan rudal Rusia.

Dengan tambahan bantuan ini, Inggris menjadi negara Eropa yang mencetak rekor mempersenjatai Ukraina dan melatih pasukannya.

Selain itu, program yang akan datang untuk mengasah keterampilan pilot jet tempur Ukraina berjalan seiring dengan upaya Inggris untuk bekerja dengan anggota NATO dalam menyediakan jet F16.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak memeluk Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky setelah ia tiba di Inggris pada Senin (15/5/2023). Zelensky sebelumnya telah mengunjungi Italia, Jerman, dan Prancis pada 13-14 Mei 2023.
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak memeluk Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky setelah ia tiba di Inggris pada Senin (15/5/2023). Zelensky sebelumnya telah mengunjungi Italia, Jerman, dan Prancis pada 13-14 Mei 2023. (Twitter Rishi Sunak)

Baca juga: Zelensky Temui Paus Fransiskus, Minta Doa Kemenangan Ukraina dan Hadiahi Rompi Antipeluru

Inggris telah memimpin dalam meningkatkan pengiriman senjata ke Ukraina dan mendorong negara lain yang enggan menyediakan sistem yang lebih canggih.

Rudal Shadow Storm adalah senjata jarak jauh buatan Barat pertama yang diperoleh Ukraina di tengah konflik dengan Rusia.

Pekan lalu, Ukraina mengamankan paket senjata tambahan dari Jerman dan Prancis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat