androidvodic.com

2 Suku di Pakistan Bentrok soal Tambang Batu Bara, 16 Orang Tewas dan Puluhan Terluka - News

News - 16 orang meninggal dunia dan lebih dari 10 lainnya luka-luka dalam bentrokan antara dua suku atas kepemilikan tambang batu bara di Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan.

Pejabat setempat mengatakan insiden ini terjadi antara suku Sunny Khel dan Zarghun Khel di Dara Adam Khel pada Senin (15/5/2023) malam.

Bentrokan itu merupakan bagian dari persaingan antarsuku selama puluhan tahun atas tambang di daerah Darra Adam Khel di provinsi Khyber Pakhtunkhwa, yang berbatasan dengan Afghanistan.

Petugas polisi setempat, Zahid Khan, mengkonfirmasi 16 kematian dalam bentrokan antara suku Sunny Khel dan Akhorwal di daerah itu.

“Setidaknya 11 anggota suku Sunny Khel tewas sedangkan lima anggota suku Akhorwal dimakamkan tadi malam,” katanya, Selasa (16/5/2023), dikutip dari Al Jazeera.

Baca juga: Imran Khan Tuduh Militer Pakistan Perintahkan Penangkapannya

2 Suku Saling Tembak

Menurut pejabat polisi setempat Munawar Khan, orang-orang itu bersenjatakan pistol dan senapan serbu dan pertempuran berlangsung berjam-jam.

"Suku-suku itu dilengkapi dengan senjata api yang kuat", kata Farhan Khan, seorang pejabat polisi senior.

Pasukan keamanan dipanggil untuk mengendalikan situasi dan Khan mengatakan ketertiban kemudian dipulihkan, dikutip dari ABC News.

Kedua suku telah memperebutkan hak kepemilikan tambang sejak 2019.

Mereka diduga saling serang atas keputusan penetapan batas tambang.

Sementara satu suku menandai batas wilayah mereka di daerah pegunungan, suku lain menembaki mereka dari posisi yang lebih tinggi, menurut polisi setempat.

Namun, Zahid Khan mengatakan tidak jelas apa yang memicu bentrokan terbaru, dan petugas masih menyelidiki.

Penambang yang duduk di lift bersiap untuk mengambil jenazah penambang yang tewas setelah banjir bandang menyusul hujan deras yang menggenangi tambang batu bara, di Jhampir sekitar 126 kilometer (100 mil) timur Karachi pada 7 Juli 2022. Seorang anak berusia 12 tahun bocah laki-laki yang diduga bekerja secara ilegal di sebuah tambang batu bara termasuk di antara sedikitnya sembilan orang yang tewas akibat banjir bandang di sebuah tambang di Pakistan selatan, kata para pejabat Kamis.
Ilustrasi - Penambang yang duduk di lift bersiap untuk mengambil jenazah penambang yang tewas setelah banjir bandang menyusul hujan deras yang menggenangi tambang batu bara, di Jhampir sekitar 126 kilometer (100 mil) timur Karachi pada 7 Juli 2022. Seorang anak berusia 12 tahun bocah laki-laki yang diduga bekerja secara ilegal di sebuah tambang batu bara termasuk di antara sedikitnya sembilan orang yang tewas akibat banjir bandang di sebuah tambang di Pakistan selatan, kata para pejabat Kamis. (Akram SHAHID / AFP)

Baca juga: Mantan PM Pakistan Imran Khan Serukan Pendukungnya Gelar Protes Serentak di Islamabad

Gencatan Senjata

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat