androidvodic.com

AS: Ada Indikasi Wagner Beli Senjata untuk Perang Rusia-Ukraina melalui Mali di Afrika - News

News - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengatakan Grup Wagner Rusia berusaha memperoleh peralatan militer untuk digunakan di Ukraina melalui wilayah Mali, negara di Afrika barat.

"Kami percaya bahwa Wagner (PMC) sedang mencoba untuk mengaburkan upayanya untuk memperoleh peralatan militer untuk digunakan di Ukraina."

"Termasuk dengan bekerja melalui negara pihak ketiga di mana ia memiliki pijakan," kata juru bicara Departemen Luar Negeri, Matthew Miller, kepada wartawan pada jumpa pers reguler, Senin (22/5/2023).

"Wagner bersedia menggunakan dokumen palsu untuk transaksi semacam itu," katanya.

“Ada indikasi Wagner telah berusaha membeli sistem militer dari pemasok asing dan mengirimkan senjata ini melalui Mali sebagai pihak ketiga."

"Kami belum melihat indikasi bahwa akuisisi ini telah diselesaikan atau dilaksanakan, tapi kami memantau situasinya dengan cermat," lanjutnya, dikutip dari TASS.

Baca juga: Mantan Komandan Wagner yang Cari Suaka di Norwegia, Andrey Medvedev Putuskan Kembali ke Rusia

Miller mengatakan AS telah menjatuhkan sanksi pada sejumlah orang dan entitas yang mendukung operasi militer Wagner.

Ia mengatakan Amerika Serikat akan segera berbagi lebih banyak informasi.

Pada Desember 2022, Koordinator Komunikasi Strategis Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby, mengatakan PMC Wagner diduga menerima senjata dari Korea Utara.

Pihak Rusia telah berulang kali menekankan, mereka tidak memerlukan pasokan asing untuk operasi militer khususnya di Ukraina, karena kompleks industri pertahanan negara itu mengatasi tugasnya.

Cuplikan video pemimpin tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin membawa bendera Rusia bersama pasukan Wagner. Ia mengatakan pasukannya berhasil menguasai Bakhmut, Ukraina, pada 20 Mei 2023. Klaim ini dibantah oleh Ukraina, yang mengatakan pertempuran masih berlangsung secara sengit di Bakhmut.
Cuplikan video pemimpin tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin membawa bendera Rusia bersama pasukan Wagner. Ia mengatakan pasukannya berhasil menguasai Bakhmut, Ukraina, pada 20 Mei 2023. Klaim ini dibantah oleh Ukraina, yang mengatakan pertempuran masih berlangsung secara sengit di Bakhmut. (Telegram Concord Group/Layanan Pers Wagner)

Baca juga: Reaksi Moskow soal Dokumen Bocor Sebut Bos Wagner Tawarkan Informasi Posisi Pasukan Rusia ke Ukraina

Keberadaan Wagner di Afrika

Dokumen rahasia AS yang bocor pada April 2023, mengungkapkan Grup Wagner bergerak secara agresif untuk membentuk "konfederasi" negara-negara anti-Barat di Afrika.

Dalam dokumen itu disebutkan, ekspansi dari pengaruh Rusia menyebar dengan di Afrika dan menjadi kekhawatiran bagi intelijen dan militer AS.

Hal ini kemudian mendorong AS dan Barat untuk mencari cara menyerang jaringan pangkalan dan front bisnis Wagner dengan serangan sanksi dan operasi dunia maya, seperti dijelaskan The Washington Post.

Pengunjung mengenakan kamuflase militer berdiri di pintu masuk 'Pusat PMC Wagner' di Saint Petersburg, pada 4 November 2022.
Pengunjung mengenakan kamuflase militer berdiri di pintu masuk 'Pusat PMC Wagner' di Saint Petersburg, pada 4 November 2022. (Olga MALTSEVA / AFP)

Baca juga: Dituduh Bocorkan Informasi Posisi Pasukan Rusia ke Ukraina, Bos Wagner: Menggelikan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat