androidvodic.com

Bendung Pengaruh China, AS dan Papua Nugini Teken Kerjasama Bilateral di Port Moresby - News

News - Amerika Serikat dan Papua Nugini menandatangani kerjasama bilateral.

Langkah ini diambil AS ketika bersaing dengan China untuk memperluas pengaruhnya di Papua Nugini.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken dan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape menandatangani pakta dan perjanjian keamanan maritim selama kunjungan Blinken ke ibu kota Port Moresby pada Senin (22/5/2023).

“Kerja sama pertahanan dirancang oleh Amerika Serikat dan Papua Nugini sebagai mitra yang setara dan berdaulat,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam upacara penandatanganan.

Teks awal perjanjian tidak dirilis oleh kedua belah pihak, tapi kerja sama pertahanan yang baru diharapkan dapat memperluas akses AS ke militer dan fasilitas lainnya di Papua Nugini, dikutip dari CNN Internasional.

Kerjasama ini memungkinkan akses AS ke lapangan terbang dan pelabuhan Papua Nugini.

Termasuk menaiki kapal satu sama lain, berbagi keahlian teknis, dan pengawasan satelit.

Baca juga: Iran Gali Terowongan Bawah Tanah untuk Situs Nuklir, Jauh dari Jangkauan AS

AS Rangkul Papua Nugini

Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape, mengatakan AS akan memperdalam kemitraannya secara menyeluruh dengan Papua Nugini.

Mereka membahas perkembangan ekonomi, krisis iklim, dan pentingnya melanjutkan keterlibatan AS dengan Pasifik, menurut Departemen Luar Negeri Papua Nugini dalam pembacaan kerjasama.

"Pakta itu akan memperluas kemampuan pertahanan Papua Nugini untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan dan tanggap bencana, serta memudahkan pasukan AS dan Papua Nugini untuk berlatih bersama," kata Antony Blinken, dikutip dari Al Jazeera.

“Ini akan sepenuhnya transparan,” tambahnya.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken bertemu dengan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape untuk menandatangani kerjasama bilateral antara AS dan Papua Nugini, pada Senin (22/5/2023).
Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken bertemu dengan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape untuk menandatangani kerjasama bilateral antara AS dan Papua Nugini, pada Senin (22/5/2023). (Twitter/ USEmbassyPOM)

Baca juga: Presiden Amerika Serikat Joe Biden Akan Kunjungi Papua Nugini Usai Hadiri KTT G7 di Jepang

Sebuah kesepakatan terpisah akan meningkatkan pengawasan laut terhadap zona ekonomi eksklusif Papua Nugini melalui patroli Penjaga Pantai AS, melindungi ekonominya dari penangkapan ikan ilegal.

Antony Blinken mengatakan kemitraan dengan bisnis akan membawa investasi senilai puluhan miliar dolar ke Papua Nugini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat