androidvodic.com

Rebut Bakhmut, Wagner Kehilangan 20.000 Tentara Bayaran, Zelensky Sebut Bagai Pengeboman Hiroshina - News

News -- Meski telah merebut kota Artyomovsk atau oleh Ukraina disebut sebagai Bakhmut di wilayah Donbass, pihak tentara bayaran Grup Wagner sebagai ujung tombak agresor Rusia telah menderita kerugian yang cukup banyak.

Perusahaan tentara swasta (PMC) Wagner mengaku kehilangan sebanyak 20.000 tentaranya selama penyerbuan kota di timur Ukraina yang berlangsung hampir satu tahun tersebut.

Kepala Grup Wagner Rusia, Evgeny Prigozhin, mengungkapkan bahwa perusahaan militer swasta kehilangan sekitar 20.000 prajurit selama pembebasan kota Donbass Artyomovsk yang strategis, dari pasukan Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-455: Moskow Perpanjang Penahanan Evan Gershkovich

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan oleh layanan pers Wagner pada hari Selasa, Prigozhin mengatakan bahwa selama pertempuran yang berlangsung lama dia telah meningkatkan peringkat perusahaan dengan 50.000 narapidana dari penjara Rusia, yang ditawari kesempatan untuk berperang alih-alih menyelesaikan hukuman mereka.

“Sekitar 20 persen dari mereka telah meninggal,” kata Prigozhin. “Korban di antara mereka sama dengan di antara mereka yang mendaftar berdasarkan kontrak dengan kami.”

Ini menunjukkan bahwa kekalahan Wagner di Artyomovsk, yang merupakan pemukiman utama di Republik Rakyat Donetsk (DPR) Rusia, berjumlah sekitar 10.000 mantan tahanan dan 10.000 profesional militer.

Sekitar 20% pasukan Wagner juga mengalami cedera yang membutuhkan setidaknya tiga bulan untuk pulih, kata Prigozhin.

Namun, dia bersikeras bahwa militer Ukraina telah menderita kerugian yang jauh lebih besar dalam apa yang sebelumnya dia sebut sebagai "penggiling daging Bakhmut".

“Kami telah menghancurkan 50.000 tentara angkatan bersenjata Ukraina [di Artyomovsk],” klaim kepala Wagner, menambahkan bahwa 50.000 hingga 70.000 lainnya telah terluka parah.

Prigozhin mengumumkan pada hari Sabtu bahwa operasi untuk mengambil alih Artyomovsk, yang dipelopori oleh Wagner, telah berakhir dan kota itu telah "direbut sepenuhnya". Pertempuran untuk pusat logistik utama telah diperjuangkan selama 224 hari, tambahnya.

Baca juga: Rusia Luncurkan Operasi Kontra-Teroris di Perbatasan Belgorod dan Ukraina, 70 Orang Tewas

Kementerian Pertahanan Rusia kemudian mengkonfirmasi pada hari yang sama bahwa kota itu telah direbut, dengan Presiden Vladimir Putin memberi selamat kepada prajurit Wagner dan pasukan militer reguler Rusia atas keberhasilan mereka.

Ukraina, yang sebelumnya mengklaim bahwa Artyomovsk akan dipertahankan dengan cara apa pun dan akan menjadi titik balik dalam konflik dengan Moskow, sejauh ini menolak untuk mengakui kehilangan kota tersebut.

Pada hari Minggu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa penyelesaian "hanya ada di hati kami" ketika ditanya oleh mitra AS Joe Biden pada KTT G7 di Jepang jika Kiev masih menguasai Artyomovsk. Beberapa jam kemudian, Zelensky mengubah pendiriannya dan menyangkal bahwa pemukiman itu "diduduki oleh Rusia".

Cuplikan video yang dirilis oleh Pasukan Operasi Khusus Ukraina di Twitter pada Sabtu (6/5/2023). Video yang diambil dari drone ini memperlihatkan kota Bakhmut yang terbakar dengan benda putih yang beterbangan, yang diduga sebagai fosfor.
Cuplikan video yang dirilis oleh Pasukan Operasi Khusus Ukraina di Twitter pada Sabtu (6/5/2023). Video yang diambil dari drone ini memperlihatkan kota Bakhmut yang terbakar dengan benda putih yang beterbangan, yang diduga sebagai fosfor. (Pasukan Operasi Khusus Ukraina)

Zelensky Sebut Bagai Bom Hiroshima

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat