androidvodic.com

Norwegia Siap Bantu Latih Pilot Ukraina Operasikan Jet Tempur F-16 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, OSLO – Pemerintah Norwegia akan mendukung program pelatihan bagi pilot Ukraina agar bisa mengoperasikan jet tempur F-16.

"Pemerintah mendukung inisiatif ini dan sedang mempertimbangkan bagaimana Norwegia dapat berkontribusi bersama dengan sekutu dan mitranya," kata Bjoern Arild Gram, Menteri Pertahanan Norwegia dalam sebuah pernyataan, Rabu (24/5/2023).

Pemerintah Norwegia belum memutuskan apakah pihaknya akan mengirim jet tempur F-16 miliknya ke Ukraina.

Pekan lalu, Presiden AS Joe Biden juga mendukung program pelatihan bagi pilot Ukraina untuk menerbangkan pesawat tempur F-16. Di samping itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy juga telah meyakinkan Biden bahwa pesawat tersebut tidak akan digunakan untuk masuk ke wilayah Rusia.

Polandia akan Latih Pilot Ukraina

Selain Norwegia, Pemerintah Polandia menyatakan pihaknya bersedia melatih pilot-pilot Ukraina untuk menerbangkan jet tempur F-16.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak pada Selasa (23/5/2023) waktu setempat, setelah pemerintah Amerika Serikat memberikan lampu hijau.

"Kami siap. Pihak Polandia siap untuk melatih pilot-pilot dengan pesawat F-16,” katanya.

Blaszczak mengatakan dia ingin pelatihan itu menjadi bagian dari program Uni Eropa yang lebih luas untuk mempersiapkan personel militer Ukraina dalam perang melawan Rusia.

Baca juga: Rusia: Pasokan Jet Tempur F-16 ke Ukraina akan Berisiko Besar bagi NATO

Sebagaimana diketahui, Polandia sendiri merupakan negara sahabat Ukraina yang kerap kali memberikan dukungan baik dalam hal persenjataan maupun dukungan kemanusiaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat