androidvodic.com

Erdogan Menang Pilpres Turki 2023, Presiden Rusia Vladimir Putin Ucapkan Selamat - News

News - Rekan Recep Tayyip Erdogan, Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat kepadanya setelah memenangkan pemilu Presiden Turki putaran ke-2 pada Minggu (28/5/2023).

Recep Tayyip Erdogan kembali terpilih sebagai Presiden, di masa jabatan ketiga sebagai pemimpin Turki.

Putin berterima kasih kepada Erdogan atas kontribusi pribadinya untuk memperkuat hubungan antara Rusia dan Turki.

“Kemenangan Anda dalam pemilu adalah hasil alami dari kerja tanpa pamrih Anda sebagai kepala Republik Turki, dan merupakan bukti nyata dukungan rakyat Turki atas upaya Anda untuk memperkuat kedaulatan negara dan mengejar kebijakan luar negeri yang independen,” tulis Putin dalam sebuah pernyataan resmi kepada Erdogan.

“Kami sangat menghargai kontribusi pribadi Anda untuk memperkuat hubungan persahabatan Rusia-Turki dan kerja sama yang saling menguntungkan,” lanjut Putin.

Ia mencatat pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir pertama Turki dan pembuatan pusat gas baru sebagai dua proyek bersama yang signifikan.

Baca juga: Pemilu Turki: Recep Tayyip Erdogan Menangi Putaran Kedua

“Dari lubuk hati saya yang terdalam, saya berharap Anda sukses baru… serta kesehatan dan kesejahteraan yang baik,” tutup Putin, dikutip dari RT.

Presiden Rusia menganggap kebijakan luar negeri Turki sebagai kebijakan independen, terutama melihat Turki yang memperkuat hubungan dengan Rusia dan China.

Turki adalah satu-satunya anggota NATO yang tidak menjatuhkan sanksi terhadap Rusia atas operasi militernya di Ukraina.

Erdogan telah mengambil sikap netral terhadap konflik tersebut.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membuat pernyataan saat konferensi pers menyusul rapat kabinet di Kompleks Kepresidenan di Ankara, Turki pada 26 April 2021
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membuat pernyataan saat konferensi pers menyusul rapat kabinet di Kompleks Kepresidenan di Ankara, Turki pada 26 April 2021 (AYTAC UNAL / ANADOLU AGENCY / ANADOLU AGENCY VIA AFP)

Erdogan mengumumkan kemenangan pada Minggu (28/5/2023) malam setelah mengalahkan Kemal Kilicdaroglu dalam pilpres Turki putaran kedua.

"Dengan 99,43 persen kotak suara dibuka, saingan Erdogan Kemal Kilicdaroglu menerima 47,86 persen suara. Dengan selisih lebih dari dua juta suara antar kandidat, sisa surat suara yang tidak dihitung tidak akan mengubah hasil," kata Ahmet Yener, ketua Dewan Pemilihan Tertinggi, Minggu (28/5/2023), dikutip dari Al Jazeera.

Pemimpin Turki 3 Periode

Foto selebaran yang diambil dan dirilis oleh Kantor Pers Kepresidenan Turki pada 28 Mei 2023 ini menunjukkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara kepada para pendukung yang berkumpul di luar kediamannya setelah kemenangannya dalam pemilihan presiden Turki di distrik Kisikli di Istanbul. Ketua komisi pemilu Turki pada 28 Mei 2023 menyatakan Presiden Recep Tayyip Erdogan sebagai pemenang pemilihan putaran kedua bersejarah yang akan memperpanjang pemerintahannya selama 20 tahun hingga 2028.
Foto selebaran yang diambil dan dirilis oleh Kantor Pers Kepresidenan Turki pada 28 Mei 2023 ini menunjukkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara kepada para pendukung yang berkumpul di luar kediamannya setelah kemenangannya dalam pemilihan presiden Turki di distrik Kisikli di Istanbul. Ketua komisi pemilu Turki pada 28 Mei 2023 menyatakan Presiden Recep Tayyip Erdogan sebagai pemenang pemilihan putaran kedua bersejarah yang akan memperpanjang pemerintahannya selama 20 tahun hingga 2028. (MURAT CETIN MUHURDAR / TURKISH PRESIDENTIAL PRESS SERVICE / AFP)

Baca juga: Pasar Respon Negatif Terpilihnya Erdogan Jadi Presiden Turki, Kurs Lira Merosot ke Rekor Terendah

Recep Tayyip Erdogan menjadi pemimpin Turki selama tiga periode.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat