androidvodic.com

Reaktor Nuklir Zaporozhye Kritis, Bencana Nuklir Mengintai - News

News -- Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir atau PLTN Zaporozhye (ZNPP) disebut-sebut dalam kondisi kritis.

Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Mariano Grossi meminta semua pihak harus bergerak untuk memastikan keamanannya.

Dalam kondisi peperangan seperti sekarang, kecelakaan di reaktor tersebut bisa saja terjadi.

Bencana seperti yang terjadi pada reaktor nuklir di Chernobyl pun mengintai.

Baca juga: Ledakan Drone di Moskow Lukai 2 Warga Rusia, Kremlin Tuduh Ukraina Terlibat Serangan

Bencana Chernobyl adalah kecelakaan reaktor nuklir terburuk dan terparah dalam sejarah. Pada tanggal 26 April 1986, reaktor nomor empat di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl yang terletak di Uni Soviet di dekat Pripyat di Ukraina meledak.

Akibatnya, isotop radioaktif dalam jumlah besar tersebar ke atmosfer di seluruh kawasan Uni Soviet bagian barat dan Eropa.

Bencana nuklir ini dianggap sebagai kecelakaan nuklir terburuk sepanjang sejarah, dan merupakan satu dari dua kecelakaan yang digolongkan dalam level 7 pada Skala Kejadian Nuklir Internasional (kecelakaan yang lainnya adalah Bencana nuklir Fukushima Daiichi).

Russia Today menyebutkan, segala sesuatu harus dilakukan untuk memastikan keamanan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporozhye (ZNPP), yang terletak dekat dengan garis depan antara Rusia dan Ukraina, kata Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional Rafael Mariano Grossi pada hari Selasa.

Berbicara di Dewan Keamanan PBB, Grossi menggambarkan situasi di sekitar pabrik sebagai “sangat rapuh dan berbahaya.”

Dia menambahkan bahwa aktivitas militer di kawasan itu “mungkin akan meningkat sangat pesat dalam waktu dekat.”

“Kami beruntung kecelakaan nuklir belum terjadi,” kata Grossi.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-289: Pasukan Rusia Pasang Peluncur Roket di PLTN Zaporizhzhia

“Kami melempar dadu dan jika ini terus berlanjut maka suatu hari keberuntungan kami akan habis. Jadi kita semua harus melakukan segala daya kita untuk meminimalkan kemungkinan itu terjadi.

Grossi menekankan bahwa “seharusnya tidak ada serangan dalam bentuk apa pun dari atau terhadap pembangkit listrik”, terutama yang menargetkan reaktor, penyimpanan bahan bakar bekas, dan personel.

Dia juga mengatakan bahwa fasilitas nuklir tidak boleh digunakan “sebagai gudang atau pangkalan senjata berat,” seperti tank dan sistem artileri. Dia menambahkan bahwa situs tersebut harus bebas dari tentara yang “dapat digunakan untuk serangan dari pabrik.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat