androidvodic.com

Mengenang Mantan PM Silvio Berlusconi, Salah Satu Orang Paling Berpengaruh dalam Sejarah Italia - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, ROMA - Banyak yang merasa kehilangan atas berpulangnya mantan Perdana Menteri (PM) Italia, Silvio Berlusconi.

Banyak yang menyebut kematian Silvio Berlusconi merupakan 'akhir dari sebuah era'.

Sangat sulit untuk membayangkan Italia tanpa Silvio Berlusconi, bahkan saat ia bergulat dengan identitasnya di era pasca-Berlusconi.

Selama 50 tahun terakhir, bayangannya membayangi 'parlemen, media, sepak bola dan pria jalanan'.

Baca juga: BREAKING NEWS: Mantan PM Italia, Silvio Berlusconi Meninggal Dunia pada Usia 86 Tahun

Dikutip dari laman BBC, Selasa (13/6/2023), dalam video penghormatan yang dipublikasikan pada Senin kemarin, Perdana Menteri Giorgia Meloni memuji 'keberanian dan tekadnya', menyebutnya sebagai salah satu orang paling berpengaruh dalam sejarah negara itu.

"Dengannya, Italia belajar bahwa tidak boleh membiarkan diri dibatasi dan tidak boleh menyerah," kata Meloni.

Di puncak kekuasaannya, mengenakan bandana warna-warni di kapal pesiar di Mediterania, Berlusconi mungkin saja dianggap sebagai 'bajak laut'.

(FILES) Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi memberikan pidato pada kongres tahunan Partai Rakyat Eropa (EPP), 30 Maret 2006 di Roma. Demokrat Kristen Eropa memperluas dukungan mereka untuk Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi, yang menghadapi pertarungan keras dalam pemilihan umum minggu depan. Mantan perdana menteri Italia Silvio Berlusconi meninggal pada usia 86 tahun.
(FILES) Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi memberikan pidato pada kongres tahunan Partai Rakyat Eropa (EPP), 30 Maret 2006 di Roma. Demokrat Kristen Eropa memperluas dukungan mereka untuk Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi, yang menghadapi pertarungan keras dalam pemilihan umum minggu depan. Mantan perdana menteri Italia Silvio Berlusconi meninggal pada usia 86 tahun. (Alberto PIZZOLI / AFP)

Namun ia memiliki pengaruh yang sangat besar pada masyarakat dan politik Italia, dan menjadi subjek investigasi sipil dan kriminal yang sangat kompleks.

Berlusconi pun sempat menikmati sensasi penonton yang memujanya sebagai penyanyi kapal pesiar, dan pengalamannya menjadi pusat perhatian yang kemudian menentukan kehidupan dewasanya.

Sebagai mogul media yang terinspirasi oleh razzmatazz jaringan Amerika, ia pun mengubah TV Italia.

Wanita berpakaian minim menentukan banyak programnya, seperti halnya kehidupan pribadinya.

Baca juga: Mantan Perdana Menteri Italia dan Eks-Presiden AC Milan Silvio Berlusconi Meninggal

Hal ini menyebabkan perubahan budaya bagi masyarakat Italia, yang tiba-tiba dapat menonton program TV dengan lelucon politik yang salah dan 'veline', yang merupakan kata dalam bahasa Italia yang berarti 'pertunjukan gadis'.

Selama beberapa dekade, TV Italia, dipimpin oleh penyiar publik RAI, sangat ketat dan serius.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat