androidvodic.com

Erick Thohir Buka-bukaan soal WSBK Bikin Rugi Mandalika - News

Ajang balap motor World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika tengah jadi sorotan. Ajang ini disebut-sebut merugikan sehingga akan dihapus dalam kegiatan di sirkuit tersebut.

Menteri BUMN Erick Thohir buka suara. Dia mengakui, ada beberapa acara yang memang memberatkan.

"Ada beberapa event yang saya rasa memang misalnya memberatkan ya kita negosiasi ulang, itu hal yang biasa," katanya di Kompleks DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis (15/06).

Meski demikian, Erick Thohir menekankan, akan mempertahankan MotoGP. Sebab, ajang ini berkontribusi positif pada citra Indonesia.

"Kalau MotoGP-nya itu kita coba pertahankan karena itu sangat positif untuk branding sebuah negara," ujarnya.

Erick melanjutkan, banyak acara telah digelar untuk mendukung pariwisata ke depan. Diakuinya, untuk jangka pendek acara tersebut belum terasa.

"Kalau kita lihat kemarin banyak sekali kegiatan internasional event itu mendukung juga pariwisata ke depan. Walaupun tentu kalau jangka pendek belum terasa, tapi kalau sudah 2-3 tahun itu menjadi merek yang berkesinambungan itu menjadi kekuatan," ungkapnya.

Sebelumnya, Holding BUMN industri aviasi dan pariwisata, PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney, berencana akan menghapus ajang balap motor WSBK dari Sirkuit Mandalika. Pasalnya, WSBK dinilai tak menarik bagi sponsor bahkan menimbulkan kerugian besar.

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengatakan, ajang tersebut tidak menarik bagi sponsor hingga mendatangkan kerugian Rp 100 miliar. Angka tersebut memberikan sumbangsih terbesar dari kerugian yang dibukukan Sirkuit Mandalika.

"Itu sebetulnya event tidak menarik, crowd, dan tidak menarik juga secara sponsorship. Ini berdampak Rp 100 miliar daripada kerugian kita," kata Dony dalam rapat bersama Komisi VI DPR RI, di Senayan, Jakarta, Rabu (14/06) lalu.

Oleh karena itu, Dony mengatakan pihaknya saat ini dalam proses negosiasi untuk penghapusan ajang ini dari Sirkuit Mandalika. Harapannya, ke depan beban perusahaan juga akan ikut berkurang.

"Kami akan melakukan renegosiasi untuk menghilangkan WSBK, sehingga WSBK-nya akan turun. Akan kita hilangkan sehingga tidak akan muncul biaya di dalam penyelenggaraan WSBK," jelasnya. (ha)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat