androidvodic.com

Joe Biden Sebut Xi Jinping Diktator, Singgung soal Balon Mata-mata China yang Ditembak AS - News

News - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menyebut Presiden China, Xi Jinping, sebagai seorang diktator, Selasa (20/6/2023).

Hal ini disampaikan Joe Biden sehari setelah diplomat AS, Antony Blinken, mengunjungi Beijing untuk menstabilkan hubungan bilateral yang menurut China berada pada titik terendah sejak hubungan formal dihentikan.

Menurut Joe Biden, Xi Jinping sangat memalukan ketika balon mata-mata China yang dicurigai diterbangkan di atas wilayah udara AS pada awal 2023 ini.

"Alasan mengapa Xi Jinping menjadi sangat kesal ketika saya menembak jatuh balon itu dengan dua mobil boks yang penuh peralatan mata-mata di dalamnya adalah dia tidak tahu itu ada di sana," ujar Joe Biden pada penggalangan dana di California, Selasa, dilansir Reuters.

"Itu sangat memalukan bagi para diktator."

"Ketika mereka tidak tahu apa yang terjadi. Itu tidak seharusnya terjadi. Itu meledak," jelas Joe Biden.

Baca juga: Joe Biden: Barat akan Berikan Segalanya untuk Serangan Balasan Ukraina ke Rusia

Ketegangan Hubungan AS-China

Diberitakan The Guardian, balon mata-mata China dicurigai terbang di atas wilayah udara AS pada Februari 2023.

Insiden itu dan pertukaran kunjungan pejabat AS dan Taiwan baru-baru ini memperbesar ketegangan antara AS dan China.

Pada Maret 2023, Xi Jinping mendapatkan masa jabatan ketiga yang memecahkan preseden sebagai presiden, dan menjadikannya sebagai pemimpin China yang paling kuat sejak Mao Zedong.

Joe Biden juga mengatakan China mengalami kesulitan ekonomi yang nyata.

Adapun ekonomi China tersandung pada Mei 2023 lalu dengan hasil industri dan pertumbuhan penjualan ritel meleset dari perkiraan.

Hal itu menambah ekspektasi bahwa Beijing perlu berbuat lebih banyak untuk menopang pemulihan pasca-pandemi yang goyah.

Baca juga: AS – China Batal Perang, Amerika Utus Anthony Blinken Untuk Perbaiki Hubungan Dengan Xi Jinping

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kiri) berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping di Aula Besar Rakyat di Beijing pada 19 Juni 2023.
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kiri) berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping di Aula Besar Rakyat di Beijing pada 19 Juni 2023. (Leah MILLIS / POOL / AFP)

Antony Blinken dan Xi Jinping sepakat dalam pertemuannya untuk menstabilkan persaingan sengit antara Washington dan Beijing, sehingga tidak mengarah ke konflik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat