androidvodic.com

Joe Biden: AS dan NATO Tidak Terlibat dalam Pemberontakan Wagner di Rusia - News

News - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengatakan AS dan NATO tidak terlibat dalam pemberontakan Wagner di Rusia.

“Kami tidak memberi Putin alasan untuk menyalahkan ini pada Barat atau menyalahkan ini pada NATO,” kata Joe Biden.

"Kami tidak ada hubungannya dengan itu," lanjutnya.

Menurutnya, pemberontakan Wagner adalah bagian dari pergerakan sistem di Rusia.

"Ini adalah bagian dari perjuangan dalam sistem Rusia," tambahnya, dikutip dari Sky News.

Di sisi lain, pemerintah AS dan sekutu Barat sedang menilai dampak dari pemberontakan Wagner bagi Rusia dan Ukraina.

Baca juga: Hasil Negosiasi Wagner dan Rusia di Belarus setelah Pemberontakan 24 Jam

"Kami akan terus menilai dampak dari peristiwa akhir pekan ini dan implikasinya bagi Rusia dan Ukraina," katanya kepada wartawan.

"Tapi masih terlalu dini untuk mencapai kesimpulan pasti tentang ke mana arahnya," lanjutnya.

Selain itu, seorang pejabat Gedung Putih juga membantah adanya keterlibatan AS.

Pengambilan video ini diambil dari rekaman selebaran yang diposting pada 25 Mei 2023 di akun Telegram layanan pers Concord -- sebuah perusahaan yang terkait dengan kepala kelompok tentara bayaran Rusia Wagner, Yevgeny Prigozhin -- menunjukkan Yevgeny Prigozhin berbicara di Bakhmut. Kepala kelompok tentara bayaran Wagner Rusia mengatakan pada 25 Mei 2023 pasukannya telah mulai memindahkan posisi mereka di titik nyala kota Bakhmut di Ukraina timur ke militer Rusia.
Pengambilan video ini diambil dari rekaman selebaran yang diposting pada 25 Mei 2023 di akun Telegram layanan pers Concord -- sebuah perusahaan yang terkait dengan kepala kelompok tentara bayaran Rusia Wagner, Yevgeny Prigozhin -- menunjukkan Yevgeny Prigozhin berbicara di Bakhmut. Kepala kelompok tentara bayaran Wagner Rusia mengatakan pada 25 Mei 2023 pasukannya telah mulai memindahkan posisi mereka di titik nyala kota Bakhmut di Ukraina timur ke militer Rusia. (Selebaran / TELEGRAM/ @concordgroup_official / AFP)

Pihaknya mengatakan, mereka memiliki komunikasi langsung yang baik dengan Rusia selama akhir pekan.

Badan-badan AS memiliki intelijen yang mengklaim mengetahui rencana Yevgeny Prigozhin untuk melakukan tindakan di Rusia.

"Ada cukup sinyal untuk mengetahui ada sesuatu yang terjadi," kata seorang pejabat AS kepada The Washington Post.

Mengutip beberapa sumber yang tidak disebutkan namanya, laporan itu mengatakan, para pejabat AS telah memperingatkan Gedung Putih dan badan-badan AS lainnya tentang intelijen mereka.

Pemberontakan Wagner

Tangkapan video ini diambil dari rekaman selebaran yang diposting pada 24 Juni 2023 di akun Telegram layanan pers Concord -- sebuah perusahaan yang terkait dengan kepala kelompok tentara bayaran Rusia Wagner, Yevgeny Prigozhin -- memperlihatkan Yevgeny Prigozhin berbicara di dalam markas besar Distrik militer selatan Rusia di kota Rostov-on-Don. Kepala kelompok tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin mengumumkan pada 24 Juni 2023 bahwa dia berada di dalam markas tentara di Rostov-on-Don di Rusia selatan, dan para pejuangnya menguasai situs militer kota.
Tangkapan video ini diambil dari rekaman selebaran yang diposting pada 24 Juni 2023 di akun Telegram layanan pers Concord -- sebuah perusahaan yang terkait dengan kepala kelompok tentara bayaran Rusia Wagner, Yevgeny Prigozhin -- memperlihatkan Yevgeny Prigozhin berbicara di dalam markas besar Distrik militer selatan Rusia di kota Rostov-on-Don. Kepala kelompok tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin mengumumkan pada 24 Juni 2023 bahwa dia berada di dalam markas tentara di Rostov-on-Don di Rusia selatan, dan para pejuangnya menguasai situs militer kota. (Selebaran / TELEGRAM/ @concordgroup_official / AFP)

Baca juga: Bos Wagner Buka Suara, Prigozhin: Kami Tak Niat Kudeta Pemerintahan Rusia, Itu Hanya Bentuk Protes

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat