androidvodic.com

Rusia Bayar Puluhan Triliun Tentara Wagner untuk Perangi Ukraina, Vladimir Putin Bocorkan Jumlahnya - News

News, MOSKOW -  Berapa bayaran  yang diperoleh tentara swasta atau tentara bayaran Grup Wagner hingga mempertaruhkan nyawa membela Rusia berperang melawan Ukraina?

Presiden Rusia Vladimir Putin hari Selasa (27/6/2023) membocorkan uang yang digelontorkan negaranya membayar tentara Wagner.

Jumlahnya tidak main-main mencapai 86 miliar rubel atau setara Rp 15,1 triliun hanya  dalam setahun terakhir, mulai Mei 2022 hingga Mei 2023.

Tidak hanya itu, pemilik Wagner yang juga memiliki perusahaan katering Concord yang memasok seluruh tentara Rusia di medan tempur Ukraina, mendapat bayaran 80 miliar rubel atau setara Rp14 triliun hanya untuk katering saja untuk jangka waktu yang sama.

Dikutip dari kantor berita RIA Novosti, Selasa (27/6/2023), total bayaran pemerintah Rusia bagi Kelompok Wagner untuk jasa dan katering mereka selama setahun terakhir mencapai 166 miliar rubel atau hampir Rp 30 triliun.

Baca juga: Apa Itu Grup Wagner? Tentara Bayaran yang Dikepalai Yevgeny Prigozhin

Putin di depan petinggi militer menegaskan negara selama ini sepenuhnya membiayai perusahaan militer swasta Wagner.

"Seluruh kelompok Wagner sepenuhnya dibiayai oleh negara. Kami sepenuhnya membiayai kelompok ini melalui Kementerian Pertahanan dan anggaran negara," ungkap pemimpin Rusia tersebut.

"Dalam rentang waktu dari Mei 2022 hingga Mei 2023, pemerintah membayar lebih dari 86 miliar rubel kepada perusahaan militer swasta tersebut," demikian disebutkan oleh kepala negara.

"Selama setahun, pemilik perusahaan Concord berhasil mengumpulkan 80 miliar rubel melalui VoenTorg dengan menyediakan makanan dan jasa layanan makanan di militer," ungkap Putin.

"Harapannya adalah tidak ada yang mencuri atau setidaknya mencuri dalam jumlah kecil, tetapi kita akan menyelidikinya semua," tegas Putin saat membahas kepemimpinan Wagner.

Kasus Kriminal Wagner Dibatalkan

Dinas keamanan Rusia FSB membatalkan kasus kriminal terhadap kelompok tentara bayaran Wagner atas ancaman pemberontakan bersenjata sesaat akhir pekan lalu, seperti laporan RIA Novosti.

Menurut kantor berita RIA, kasus tersebut dibatalkan karena "upaya pemberontak telah menghentikan tindakan yang secara langsung ditujukan untuk melakukan kejahatan".

Di bawah kesepakatan yang disepakati pada Sabtu malam untuk meredakan krisis, Kremlin mengatakan para pejuang yang mengambil bagian dalam pemberontakan tidak akan dituntut dan akan diizinkan kembali ke markasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat