androidvodic.com

Ada Sekitar 28 Mantan Tentara Jepang Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta ternyata ada sekitar 28 mantan tentara Jepang yang dimakamkan di sana seusai perang dunia kedua.

Sekitar 9.700 orang yang berjasa besar bagi Indonesia dimakamkan di pemakaman tersebut. Selain itu juga ada sekitar 28  mantan tentara Jepang yang tetap berada di Indonesia setelah perang dan berjuang bersama Indonesia dalam perang kemerdekaan dari Belanda juga dimakamkan di sana," ungkap Katsuragi Nami,  Ketua Federasi Nasional Perlindungan Silsilah Kekaisaran, Wartawan dan Aktor Lahir di Tokyo pada tahun 1970. 

“Saya pikir tentara Jepang yang tersisa di surga sangat senang," papar Heru Santoso (63) yang juga bertemu Kaisar Jepang saat kunjungan 17-23 Juni lalu ke Jakarta dan Yogyakarta.

Meski perang berakhir, ada sekitar 1.000 tentara Jepang yang memilih tetap berjuang untuk kemerdekaan Indonesia ketimbang kembali ke tanah air. Orang Jepang yang melatih Tentara Relawan Pertahanan Tanah Air (PETA).

Dibesarkan dengan pendidikan berdasarkan pandangan sejarah pascaperang,   sudah lama percaya bahwa Jepang telah melakukan hal-hal buruk di negara-negara Asia di masa lalu. Kesempatan untuk terbebas dari prasangka itu adalah dengan mengetahui fakta sejarah tersebut.

Namun kunjungan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako baru-baru ini jelas sekali semakin mempererat tali persaudaraan antara kedua negara.

Selain itu, belum banyak diketahui bahwa patung perunggu Jenderal Sudirman, panglima tertinggi muda pemuda yang menjadi tumpuan pertahanan tanah air, dipersembahkan oleh Kemhan RI pada tahun 2011 dan berlokasi di halaman Kemhan.

"Satu-saunya patung dari luar Jepang yang ada di dalam halaman Kemhan Jepang. Bukti eratnya persahabatan antara Indonesia dan Jepang hingga kini," ungkap sumber News Selasa (4/7/2023).

Kementerian Pertahanan di Ichigaya Honmura-cho, Tokyo  setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, Hari Kemerdekaan Indonesia, diadakan upacara peletakan karangan bunga sebagai acara resmi Kementerian Pertahanan.

"Yang pasti hubungan kedua negara ini kami yakin akan terus semakin erat dan manis seiring dengan perayaan persahabatan ke-65 di tahun 2023 ini," lanjutnya lagi.

Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz  Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat