androidvodic.com

Tradisi Unik, Wali Kota di Meksiko Nikahi Buaya Betina: Kami Saling Mencintai - News

News - Victor Hugo Sosa, seorang Wali Kota San Pedro Huamelula di Meksiko, menikahi seekor buaya betina dalam sebuah upacara tradisional.

Victor Hugo Sosa menikahi buaya yang diberi nama Alicia Adriana, yang dihadiri oleh orang-orang di desanya.

Orang-orang di sukunya percaya, menikahi seekor buaya akan membawa keberuntungan bagi suku.

Upacara pernikahan Victor Hugo Sosa dan buaya betina itu berlangsung di balai Kota San Pedro Huamelula, tempat penduduk asli Chontal tinggal di negara bagian Oaxaca di selatan Meksiko.

"Ini adalah penyatuan dua budaya. Penyatuan Huaves dan Chontales (komunitas adat)" Wali Kota Victor Hugo Sosa mengatakan kepada wartawan, seperti diberitakan The Mirror UK, Jumat (30/6/2023).

Victor Hugo Sosa mengatakan ia dan 'istrinya' saling mencintai.

Baca juga: Cerita Pria di Kutai Timur Hilang Misterius Saat Cari Siput Hingga Ditemukan Tewas Dalam Perut Buaya

"Saya menerima tanggung jawab karena kami saling mencintai. Itulah yang penting. Anda tidak dapat menikah tanpa cinta," lanjutnya selama upacara pernikahan.

Wali Kota Victor Hugo Sosa membawa buaya betina itu dengan mulut tertutup sebelum dipamerkan ke penduduk desa yang menari bersamanya.

Layaknya seorang pengantin wanita, buaya betina itu mengenakan rok hijau, tunik sulaman tangan khas Meksiko berwarna-warni, dan hiasan kepala dari pita dan payet.

Buaya betina berusia 7 tahun itu juga mengenakan kerudung putih.

Wali Kota Victor Hugo Sosa juga mencium kepala buaya betina itu di akhir acara dansa.

“Buaya itu penting bagi kami karena dia adalah putri yang datang membawakan kami air, panen yang baik, hujan, sehingga Tuhan Yang Maha Esa mengirimi kami makanan, ikan, jagung, hasil panen,” kata Olivia Perez, penanggung jawab pelaksanaan pernikahan simbolis ini selama upacara hari Jumat (30/6/2023).

Victor Hugo Sosa, Walikota San Pedro Huamelula, memegang caiman berkacamata (Caiman crocodilus) yang disebut
Victor Hugo Sosa, Walikota San Pedro Huamelula, memegang caiman berkacamata (Caiman crocodilus) yang disebut "La Niña Princesa" ("Gadis Putri") sebelum menikahinya di San Pedro Huamelula, negara bagian Oaxaca, Meksiko pada 30 Juni 2023. (RUSVEL RASGADO / AFP)

Baca juga: Arkeolog menemukan kota kuno suku Maya di tengah hutan Meksiko

Sebelumnya, penduduk setempat menggendong pengantin buaya melalui jalan-jalan desa ketika para pria mengipasi dia dengan topi mereka.

Yang lain melemparkan jaring ikan ke udara dan berlutut untuk meminta pengantin buaya menangkap ikan yang melimpah.

"Kami ingin berdoa untuk nelayan yang baik agar bangsa ini bisa sejahtera, sehingga kita bisa hidup damai dan seimbang," kata nelayan Joel Rojas, dikutip dari ABC Net.

Pernikahan antara manusia dengan buaya caiman telah berlangsung di desa itu selama 230 tahun untuk memperingati perdamaian antara dua kelompok adat yang hidup berdampingan dengan bahagia.

Buaya caiman yang menikah dengan Victor Hugo Sosa dianggap mewakili dewa yang terkait dengan ibu pertiwi dan pernikahan mereka dianggap akan membawa kemakmuran bagi penduduk.

(News/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Meksiko

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat