androidvodic.com

Menlu China Qin Gang Dipastikan Absen di AMM Jakarta Karena Alasan Kesehatan, Ini Penggantinya - News

Laporan Wartawan News, Larasati Dyah Utami

News, JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) China, Qin Gang, dipastikan tidak datang pada pertemuan Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN atau ASEAN Ministerial Meeting (AMM) di Jakarta karena alasan kesehatan.

Cina akan diwakilkan oleh diplomat tingkat tinggi, Wang Yi, yang juga pernah menjabat sebagai Menlu Cina sebelum Qin Gang.

Kabar ini disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, dalam pengarahan media mingguan negara tersebut seperti dilaporkan Reuters, Selasa (11/7/2023).

"Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri Qin Gang tidak dapat menghadiri pertemuan tingkat menteri ASEAN ini karena alasan kesehatan," kata juru bicara Wang Wenbin tanpa perincian lebih lanjut.

Pertemuan Menlu ASEAN dan Cina dijadwalkan pada Kamis lusa sebelum KTT Asia Timur dan Forum Regional ASEAN diadakan pada Jumat.

Baca juga: 13 Negara Minta Bertemu Menlu Indonesia di Sela-sela AMM ke-56 Jakarta, Ada China dan Inggris

Qin, 57, menggantikan Wang sebagai menteri luar negeri pada Desember dan terakhir terlihat di depan umum pada 25 Juni di Beijing setelah bertemu pejabat dari Sri Lanka, Rusia dan Vietnam.

Ketidakhadiran Qin tidak luput dari perhatian.

Pasalnya, Qin sempat dikabarkan sudah absen sejak pekan lalu.

Qin seharusnya bertemu dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell pekan lalu di Beijing tetapi pertemuan itu diundur.

Wang Yi, yang merupakan kepala kebijakan luar negeri Partai Komunis China, posisinya berada di atas Qin yang sebagai menteri luar negeri adalah kepala kebijakan luar negeri pemerintah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat