androidvodic.com

PM Jepang Fumio Kishida Kerja Sama Dengan NATO Bidang Luar Angkasa - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - PM Jepang Fumio Kishida akan meminta kerja sama dari NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) untuk bidang luar angkasa.

Sekaligus akan jelaskan pelepasan air olahan pembangkit nuklir ke laut Fukushima.

Perdana Menteri Fumio Kishida berbicara kepada wartawan menjelang kunjungannya ke Eropa di kediaman resmi Perdana Menteri pada pagi hari (11/7/2023).

Kemudian Perdana Menteri Fumio Kishida meninggalkan Bandara Haneda dengan pesawat pemerintah untuk mengunjungi Lituania dan Belgia.

 "Kami akan menghadiri KTT Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan pertemuan puncak reguler dengan Uni Eropa (UE) untuk membahas penguatan kerja sama di berbagai bidang seperti keamanan," papar PM Kishida.

PM Kishida dijadwalkan  akan bertemu dengan Presiden Korea Selatan Yoon Seol-yeol untuk menjelaskan rencana pelepasan air olahan dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi Perusahaan Listrik Tokyo dan meminta pengertian dari Korea Selatan.

Sebelum keberangkatannya, perdana menteri mengatakan kepada wartawan di kediaman resminya, "Saya ingin menggunakan ini sebagai kesempatan untuk menegaskan kepatuhan dan kerja sama kami dengan negara-negara yang berpikiran sama dalam tatanan internasional yang bebas dan terbuka berdasarkan aturan hukum."

Jepang berusaha mengarah kepada kerja sama internasional daripada perpecahan dan konfrontasi. PM Kishida juga mengatakan akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Perdana menteri akan menghadiri KTT NATO di Lituania pada tanggal 12 Juli. Ini adalah tahun kedua berturut-turut Jepang berpartisipasi dalam konferensi tersebut, dan sehubungan dengan aktivitas militer China, Jepang mendesak NATO untuk semakin memperkuat keterlibatannya di kawasan Indo-Pasifik.

PM Kishida juga akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal Stoltenberg untuk membahas perumusan dokumen baru Jepang-NATO yang mencakup kerja sama di bidang luar angkasa dan lainnya.

Pertemuan dengan  Presiden Yoon akan diadakan bersamaan dengan KTT NATO. Pada pertemuan dengan  Zelensky, PM Kishida diharapkan menyampaikan niatnya untuk terus mendukung Ukraina menentang agresi  Rusia.

Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz  Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat