androidvodic.com

Bus Terbakar di Aljazair, 34 Orang Tewas  - News

News, ALGIERS - Kecelakaan jalan di Aljazair menewaskan 34 orang ketika sebuah bus penumpang bertabrakan dengan sebuah truk pikap yang membawa kaleng bahan bakar dan terbakar Rabu (20/7/2023).

Kecelakaan terjadi jauh di wilayah Sahara selatan dan merupakan kecelakaan jalan yang paling mematikan di negara Afrika Utara itu dalam beberapa tahun, kata para pejabat setempat, menukil AFP.

Badan pertahanan sipil Aljazair menyatakan kecelakaan jalan itu juga menyebabkan 12 orang lainnya cedera, banyak di antaranya mengalami luka bakar parah.

Presiden Abdelmadjid Tebboune, dalam kunjungan kenegaraan ke China, mengungkapkan "kesedihan dan kesedihannya yang mendalam" dan menyampaikan "belasungkawa yang tulus" kepada keluarga para korban.

Gambar menunjukkan bus dilalap bola api besar yang menerangi langit malam setelah kecelakaan sekitar pukul 04:00 di sebuah kota kecil dekat Tamanrasset, 2.000 kilometer berkendara ke selatan dari ibu kota Algiers.

Kemudian, petugas penyelamat terlihat menemukan mayat dari lambung bus yang hancur dan hangus, di Outoul, 20 kilometer sebelah barat Tamanrasset, lokasi kecelakaan dikelilingi oleh mobil pemadam kebakaran.

Penduduk setempat mengatakan kepada AFP melalui telepon bahwa bus tersebut telah menurunkan penumpang dan hendak melanjutkan perjalanannya ketika sebuah truk pikap Toyota menabraknya.

Pejabat gendarmerie nasional Samir Bouchehit mengatakan truk itu membawa kaleng bensin dan mengemudi di sisi jalan yang salah.

"Unsur pertama penyelidikan menunjukkan bahwa tanggung jawab terletak pada pengemudi pikap, yang memuat kaleng bensin yang terbakar saat tabrakan," katanya, berbicara di saluran TV swasta Ennahar.

Menteri Kesehatan Abdelhak Saihi melakukan perjalanan ke lokasi kecelakaan, menjanjikan "semua tindakan yang diperlukan untuk merawat yang terluka", kata pernyataan kementerian.

Badan pertahanan sipil mengatakan bus tersebut sedang melakukan perjalanan antara Tamanrasset, sebuah kota berpenduduk 150.000 orang, dan Adrar di barat laut, dengan sekitar 65.000 penduduk.

Mohamed Boudraa, gubernur Tamanrasset, mengunjungi rumah sakit setempat tempat 12 orang terluka dirawat, lapor kantor berita resmi APS.

Tiga dari mereka kemudian dibebaskan dari rumah sakit, kata direkturnya Abdelkader Bika kepada APS.

Aljazair mencatat hampir 23.000 kecelakaan di jalan pada tahun 2022, menyebabkan 3.409 orang tewas dan lebih dari 30.000 terluka, menurut kepala keselamatan jalan negara itu Nacef Abdelhakim.

Baca juga: Sopir Truk Sempat Kabur usai Kecelakaan Kereta Api Brantas di Semarang, Berpotensi jadi Tersangka

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat