androidvodic.com

Rusia Berpotensi Serang Kapal Kargo yang Berlayar ke Pelabuhan Ukraina di Laut Hitam - News

News - Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan semua kapal yang melakukan perjalanan ke pelabuhan Odesa, Ukraina, di Laut Hitam akan dianggap sebagai target militer potensial.

Hal ini menyusul rencana Ukraina yang menyiapkan rute pengiriman sementara untuk melanjutkan ekspor biji-bijian.

Ukraina terpaksa mencari rute baru karena Rusia menarik diri dari kesepakatan yang mengizinkan ekspor biji-bijian dari pelabuhan Odesa.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan akan menerapkan sikap barunya terhadap kapal-kapal di Laut Hitam mulai Kamis (20/7/2023) tengah malam waktu Rusia.

"Pada tengah malam, tanggal 20 Juli, semua kapal yang melakukan perjalanan ke Ukraina berpotensi membawa kargo militer atas nama Kyiv dan negara bendera kapal itu akan dianggap sebagai pihak dalam perang Ukraina," kata Kementerian Pertahanan Rusia di Telegram, dikutip dari Al Jazeera.

Kementerian pertahanan tidak mengatakan tindakan apa yang mungkin diambil terhadap kapal yang melakukan perjalanan ke Ukraina.

Baca juga: Bersiap Hadapi Krisis Pangan Akibat El Nino hingga Hengkangnya Rusia dari Kesepakatan Ekspor Gandum

Rusia memiliki sembilan kapal yang bertugas tempur di Laut Hitam dan Laut Azov, tidak satupun dari mereka adalah pembawa rudal, Ukrinform melaporkan mengutip Angkatan Laut Ukraina.

“Pada pukul 10 pagi tanggal 19 Juli, ada delapan kapal musuh yang bertugas tempur di Laut Hitam; satu kapal musuh ada di Laut Azov,” bunyi pernyataan Angkatan Laut Ukraina, dikutip dari Reuters.

Selain itu, Rusia menyimpan hingga delapan kapal yang bertugas tempur di Mediterania. 

Satu dari delapan kapal itu membawa peluncur rudal jelajah Kalibr dengan total tembakan hingga 16 rudal.

File foto ini diambil pada 31 Juli 2011 menunjukkan kapal penjelajah rudal berpemandu Moskva berpartisipasi dalam parade Hari Angkatan Laut Rusia di dekat pangkalan angkatan laut di Sevastopol. Moskva, sebuah kapal perang Rusia di Laut Hitam,
File foto ini diambil pada 31 Juli 2011 menunjukkan kapal penjelajah rudal berpemandu Moskva berpartisipasi dalam parade Hari Angkatan Laut Rusia di dekat pangkalan angkatan laut di Sevastopol. Moskva, sebuah kapal perang Rusia di Laut Hitam, "rusak parah" oleh ledakan amunisi, kata media pemerintah Rusia pada 14 April 2022. (AFP)

Baca juga: Rusia Bombardir Pelabuhan di Odesa Ukraina, 60.000 Ton Gandum Siap Ekspor Hancur

AS Peringatkan Potensi Serangan Rusia terhadap Kapal Sipil di Laut Hitam

Amerika Serikat (AS) memperingatkan adanya potensi serangan Rusia kepada kapal-kapal kargo milik sipil yang menuju pelabuhan Odesa, Ukraina, di Laut Hitam.

Peringatan ini menyusul mundurnya Rusia dari perjanjian ekspor biji-bijian di Laut Hitam.

"Informasi kami menunjukkan bahwa Rusia meletakkan ranjau laut tambahan di dekat pelabuhan Ukraina," kata Adam Hodge, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Rabu (19/7/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat