androidvodic.com

Balas Ancaman, Ukraina akan Tenggelamkan Kapal yang Menuju Pelabuhan Rusia di Laut Hitam - News

News - Militer Ukraina mengatakan, akan memperlakukan semua kapal yang berlayar menuju Pelabuhan Rusia di Laut Hitam, seolah-olah mereka membawa pasokan militer untuk Rusia.

Ukraina memperingatkan mereka dapat bernasib sama dengan kapal perang Rusia "Moskva", yang tenggelam sebelumnya di Laut Hitam pada April 2022.

Ancaman itu dikeluarkan dalam sebuah pernyataan oleh Kementerian Pertahanan Ukraina pada Kamis (20/7/2023).

Mereka menuduh Rusia mengubah Laut Hitam menjadi "zona bahaya".

Rusia bersumpah untuk membalas dengan kekerasan terhadap kapal mana pun di daerah itu, termasuk kapal sipil.

“Kementerian Pertahanan Ukraina memperingatkan mulai pukul 00.00 pada 21 Juli 2023, semua kapal yang menuju perairan Laut Hitam ke arah pelabuhan Federasi Rusia dapat dianggap oleh Ukraina membawa kargo militer dengan semua risiko yang terkait,” kata Kementerian Pertahanan Ukraina di Telegram, Kamis (20/7/2023), dikutip dari RT.

Baca juga: Ukraina Mulai Pakai Amunisi Tandan untuk Serang Rusia, AS Menunggu Hasilnya

Pernyataan itu mencatat beberapa daerah di timur laut Laut Hitam, serta Selat Kerch, juga akan dilarang berbahaya mulai Kamis (20/7/2023).

Rusia Berpotensi Serang Kapal

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya berpotensi menyerang kapal-kapal kargo yang menuju pelabuhan Odessa, Ukraina, di Laut Hitam.

"Pada tengah malam, tanggal 20 Juli, semua kapal yang melakukan perjalanan ke Ukraina berpotensi membawa kargo militer atas nama Kyiv dan negara bendera Ukraina, maka kapal itu akan dianggap sebagai pihak dalam perang Ukraina," kata Kementerian Pertahanan Rusia di Telegram, dikutip dari Al Jazeera.

Kementerian pertahanan tidak mengatakan tindakan apa yang mungkin diambil terhadap kapal yang melakukan perjalanan ke Ukraina.

Rusia memiliki sembilan kapal yang bertugas tempur di Laut Hitam dan Laut Azov, tidak satupun dari mereka adalah pembawa rudal, Ukrinform melaporkan mengutip Angkatan Laut Ukraina.

Ukraina Pernah Tenggelamkan Kapal Rusia

File foto ini diambil pada 17 Desember 2015 kapal penjelajah rudal Rusia Moskva berpatroli di Laut Mediterania, di lepas pantai Suriah, pada 17 Desember 2015. Kapal Laut Hitam Rusia yang terlibat dalam serangan angkatan laut di Ukraina telah
File foto ini diambil pada 17 Desember 2015 kapal penjelajah rudal Rusia Moskva berpatroli di Laut Mediterania, di lepas pantai Suriah, pada 17 Desember 2015. Kapal Laut Hitam Rusia yang terlibat dalam serangan angkatan laut di Ukraina telah " rusak parah" oleh sebuah ledakan, media pemerintah melaporkan 14 April 2022, saat Moskow mengancam akan menyerang pusat komando Kyiv. "Akibat kebakaran, amunisi meledak di kapal penjelajah rudal Moskva. Kapal rusak parah," kata kementerian pertahanan Rusia, menambahkan bahwa penyebab kebakaran sedang ditentukan dan awak telah dievakuasi. (AFP)

Baca juga: Video Detik-detik Ukraina Hancurkan Kapal Rusia di Laut Hitam, Serangan Kapal Kedua setelah Moskva

Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan, nasib kapal penjelajah 'Moskva' membuktikan kapal itu memiliki sarana anti-kapal yang diperlukan, mengacu pada kapal penjelajah peluru kendali yang menjadi andalan Angkatan Laut Rusia sebelum tenggelam pada April 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat