androidvodic.com

Menlu China Qin Gang Sebulan Hilang dari Sorotan Publik, Posisinya Digantikan oleh Wang Yi - News

News - Menteri Luar Negeri China, Qin Gang, dicopot dari jabatannya setelah hampir satu bulan hilang dari sorotan publik.

Posisinya sekarang digantikan oleh pendahulunya, Wang Yi, terang pengumuman Badan Legislatif tertinggi China, seperti dikutip The Guardian.

Qin Gang beralasan karena masalah kesehatan sebelum absen dari hadapan publik, 

Pihak berwenang belum menjelaskan ke mana atau mengapa pria berusia 57 tahun itu menghilang.

Badan Legislatif hanya menyatakan, Qin dicopot dari jabatannya tetapi tidak merinci alasannya digantikan oleh Wang Yi.

Tak lama setelah Badan Legislatif  mengumumkan Qing Gang dicopot, referensi tentang pekerjaan Menlu China itu dihapus dari situs web pemerintah.

Baca juga: Daftar Rudal Antikapal yang Bakal Ditembakkan TNI AL pada Latgab 2023: Dua di Antaranya Buatan China

Qin baru menempati posisinya sebagai menteri luar negeri selama tujuh bulan.

Meski demikian, pria itu tetap berada di Dewan Negara, badan administrasi tertinggi China.

Seorang profesor politik China di Universitas Oxford Patricia Thornton, mengatakan fakta bahwa Qin tetap berada di dewan negara menunjukkan adanya penyelidikan yang sedang berlangsung.

Terakhir Kali Terlihat saat Bertemu Menlu Sri Lanka

Qin terakhir terlihat di hadapan publik saat pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Sri Lanka di Beijing pada 25 Juni 2023 kemarin.

Ia tidak terlihat selama kunjungan Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen ke China bulan ini.

Bahkan bulan ini, Qin diganti sebagai Ketua Delegasi China ke KTT Asean di Indonesia.

Baca juga: Kontraktor China Garap Proyek Smelter Nikel Matte di Kalimantan Timur

(FILES) Menteri Luar Negeri China Qin Gang melambai saat dia tiba untuk konferensi pers di Pusat Media Kongres Rakyat Nasional (NPC) di Beijing pada 7 Maret 2023. Menteri luar negeri China Qin Gang dicopot dari jabatannya pada 25 Juli 2023, lapor media pemerintah, setelah tidak terlihat di mata publik selama sebulan.
(FILES) Menteri Luar Negeri China Qin Gang melambai saat dia tiba untuk konferensi pers di Pusat Media Kongres Rakyat Nasional (NPC) di Beijing pada 7 Maret 2023. Menteri luar negeri China Qin Gang dicopot dari jabatannya pada 25 Juli 2023, lapor media pemerintah, setelah tidak terlihat di mata publik selama sebulan. (NOEL CELIS / AFP)

Saat itu, juru bicara kementerian luar negeri, Wang Wenbin, hanya mengatakan bahwa Qin tidak hadir "karena alasan kesehatan".

Beberapa komentar dan referensi media tentang kepergiannya juga disensor atau dihapus dari media sosial Tiongkok, dan outlet media termasuk South China Morning Post yang berbasis di Hong Kong.

Desas-desus tentang alasan di balik hilangnya Qin termasuk perebutan kekuasaan dengan Wang Yi, dan dugaan perselingkuhan dengan pembawa acara TV.

(News/Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat