androidvodic.com

FBI Tembak Mati Pria yang Berencana Membunuh Presiden AS Joe Biden di Utah - News

News - Agen Federal Amerika Serikat (FBI) menembak mati seorang pria Utah yang dituduh membuat ancaman terhadap Presiden AS, Joe Biden.

Penembakan itu terjadi pada Rabu (9/8/2023) pagi, beberapa jam sebelum Presiden Joe Biden mendarat di negara bagian Utah.

"Agen khusus sedang berusaha memberikan surat perintah di rumah Craig Deleeuw Robertson di Provo, selatan Salt Lake City, ketika penembakan terjadi pada pukul 6:15 pagi," kata FBI dalam sebuah pernyataan, seperti diberitakan AP News, Kamis (10/8/2023).

Craig Deleeuw Robertson membawa senjata pada saat FBI melakukan penembakan terhadapnya, namun ada laporan lain yang mengatakan dia tidak memiliki senjata api.

Pria itu dicari atas tiga dakwaan federal, termasuk membuat ancaman terhadap presiden dan penegak hukum, serta ancaman antar negara bagian.

"Craig Deleeuw Robertson memiliki niat untuk membunuh, setidaknya, (Jaksa Distrik Manhattan Alvin) Bragg dan Presiden Joe Biden," kata pemerintah AS dalam pengajuannya.

Baca juga: Presiden Joe Biden Rilis Larangan Baru untuk Beijing, Perang Dagang AS-China Memanas

Selain itu, ia telah membuat ancaman online terhadap Presiden Joe Biden baru-baru ini pada Senin (7/8/2023).

Pria itu juga berencana untuk menggunakan setelan kamuflase "setelan ghillie" dan mulai membersihkan debu dari senapan sniper M24.

Craig Deleeuw Robertson menyebut dirinya sebagai "MAGA Trumper", merujuk pada slogan "Make America Great Again" mantan Presiden Donald Trump, seperti diberitakan RT.

Ia juga memposting ancaman terhadap pejabat penegak hukum yang mengawasi kasus pengadilan terhadap Donald Trump.

PROVO, UTAH - 9 AGUSTUS: FBI memproses rumah Craig Robertson yang ditembak dan dibunuh oleh FBI dalam penggerebekan di rumahnya pagi ini pada 9 Agustus 2023 di Provo, Utah. FBI sedang menyelidiki dugaan ancaman Robertson kepada Presiden Biden yang mengunjungi Salt Lake City hari ini dan besok. GEORGE FREY / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / Getty Images via AFP
PROVO, UTAH - 9 AGUSTUS: FBI memproses rumah Craig Robertson yang ditembak dan dibunuh oleh FBI dalam penggerebekan di rumahnya pagi ini pada 9 Agustus 2023 di Provo, Utah. FBI sedang menyelidiki dugaan ancaman Robertson kepada Presiden Biden yang mengunjungi Salt Lake City hari ini dan besok. GEORGE FREY / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / Getty Images via AFP (GEORGE FREY / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / Getty Images via AFP)

Baca juga: Pemerintah Masih Konfirmasi Kehadiran Joe Biden di KTT ASEAN September Mendatang

Dalam postingan internet itu, Craig Deleeuw Robertson diduga berkata di media sosial, "Saya dengar Biden akan datang ke Utah. Saatnya saya membersihkan debu dari senapan sniper M24."

Dokumen pengadilan juga mengatakan, pria itu tahu dirinya diawasi oleh FBI karena ancaman yang ia tujukan pada Presiden Joe Biden.

"Dia (Craig Deleeuw Robertson) juga berbicara kepada FBI," kata dokumen pengadilan.

“Anda masih memantau media sosial saya? Memeriksa agar saya yakin memiliki senjata yang terisi jika Anda mampir lagi," tulis Craig Deleeuw Robertson dalam postingan media sosial yang dikutip oleh pengadilan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat