androidvodic.com

Hawaii Dikepung Kebakaran, Pulau Maui Sementara Tutup Bagi Turis - News

News – Kebakaran hutan mengepung wilayah Hawaii,, Amerika Serikat. Daerah wisata tersebut kini disibukkan dengan melakukan evakuasi warga dan turis.

Kebakaran sendiri terjadi mulai Selasa (8/8/2023) kemarin akibat tiupan badai Dora, hutan di Big Island dan Maui langsung membara.

Dilaporkan CNN, belasan orang terjebak dan melompat ke laut untuk menyelamatkan diri.

Baca juga: Wanita di Queensland Beri Pesan Menyentuh Usai Suami dan 5 Anaknya Tewas dalam Kebakaran Rumah

Menurut Pusat Badai Nasional AS, Dora yang masuk badai Kategori 4 memiliki kecepatan angin hingga 209 kilometer per jam, berada sekira 1.100 kilometer barat daya Honolulu pada Selasa malam.

Menurut Letnan Gubernur Hawaii Sylvia Luka, pihaknya tidak mengeluarkan peringatan badai di Hawaii. Kecepatan angin di Big Island berkisar 128 kilometer per jam.

Namun tiupan angin membantu kobaran api menyebar dengan cepat hingga membuat kebakaran hutan meluas.

Pemerintah setempat akhirnya mengaktifkan Garda Nasional untuk mendukung petugas tanggap darurat dalam membantu evakuasi masyarakat yang terjebak di lokasi kebakaran.

Sementara jaringan listrik di sebagian wilayah telah padam akibat kebakaran. Hingga Rabu (9/8) dini hari, hampir 20 persen wilayah di Maui, mengalami pemadaman listrik. Layanan telekomunikasi juga mati karena ada menara telepon seluler yang tumbang.

Letnan Gubernur Hawaii Sylvia Luke menyebut, kebakaran hutan yang terjadi di Maui seperti saat ini belum pernah terjadi sebelumnya. Ia mengatakan, pemerintah Negara Bagian Hawaii menghadapi tantangan berat untuk memadamkan api.
Ditutup Untuk Turis

Untuk sementara Hawaii ditutup bagi para pelancong. Bagi turis yang sudah telanjur memesan tiket, maskapai besar membantu penumpang memesan ulang perjalanan karena kebakaran hutan Hawaii.

Hawaiian Airlines, American Airlines, Southwest Airlines, dan United Airlines membebaskan biaya perubahan untuk perjalanan ke dan dari Bandara Kahului di pulau Maui.

Hawaii "mengurangi perjalanan yang tidak penting ke Kahului, dan kami mendukung tamu kami dengan opsi fleksibel untuk mengubah penerbangan mereka," kata Hawaiian Airlines dalam sebuah pernyataan kepada CNN.

"Keselamatan tamu dan karyawan kami, termasuk rekan satu tim yang tinggal dan bekerja di Maui, adalah prioritas kami, dan kami akan terus mendukung negara dengan respons berkelanjutannya.”

Lebih dari 120 penerbangan komersial dijadwalkan berangkat dari bandara dua landasan pacu pada Rabu, dengan hanya enam penerbangan Maui yang dibatalkan dalam 24 jam terakhir, data FlightAware menunjukkan.

Bandara Kahului dilayani oleh 10 maskapai secara total, termasuk Delta Air Lines dan Alaska Airlines.

Bandara Kahului Maui saat ini melindungi sekitar 1.800 pelancong dari "penerbangan yang dibatalkan dan kedatangan penerbangan," menurut postingan media sosial dari Departemen Perhubungan Hawaii.

Departemen tersebut mengatakan dalam postingan bahwa pihaknya "bekerja sama dengan maskapai penerbangan/TSA untuk melindungi penumpang demi keselamatan karena kebakaran hutan terus terjadi di Lahaina dan pedalaman."

Negara bagian Hawaii melarang perjalanan yang tidak penting ke pulau Maui karena kebakaran, Hawaiian Airlines mengatakan kepada CNN dalam sebuah pernyataan.

Sementara situs pelacakan penerbangan FlightAware hanya menunjukkan dua pembatalan sejauh Rabu di Kahului, bersama dengan 13 penundaan – atau sekitar 9 persen dari keberangkatan penerbangan – ada kekhawatiran bahwa asap dari kebakaran hutan dapat mengganggu lebih banyak penerbangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat