androidvodic.com

Jepang dan AS Sepakat Kembangkan Pencegat Rudal Hipersonik Bikinan China dan Rusia - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, TOKYO – Jepang dan Amerika Serikat (AS) sepakat bersama-sama mengembangkan pencegat untuk melawan hulu ledak rudal hipersonik yang dikembangkan oleh China, Rusia dan Korea Utara.

Kesepakatan didapat usai Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi dan Menteri Pertahanan Yasukazu Hamada pada awal tahun ini.

Kelanjutan dari pengembangan pencegat rudal tersebut rencananya akan dibahas ketika Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida bertemu dengan Presiden AS Joe Biden di Amerika Serikat, Jumat (18/8/2023).

“Biden dan Kishida akan bertemu di sela-sela pertemuan puncak trilateral dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol di retret presiden di Camp David, Maryland,” kata surat kabar Yomiuri Jepang.

Tidak seperti hulu ledak balistik biasa, yang terbang pada lintasan yang dapat diprediksi saat jatuh dari luar angkasa ke targetnya, proyektil hipersonik dapat mengubah arah, membuatnya lebih sulit untuk ditargetkan.

Baca juga: Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Kunjungi Pabrik Rudal Taktis

Selain itu, Amerika Serikat dan Jepang juga telah mengembangkan rudal jarak jauh yang dirancang untuk menghantam hulu ledak di luar angkasa, yang dikerahkan Jepang di kapal perang yang berada di laut Jepang dan semenanjung Korea untuk menjaga dari serangan rudal Korea Utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat