androidvodic.com

Satu Rumah WNI Ludes Dilalap Si Jago Merah, Hawaii Tetapkan Situasi Darurat  - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

News, AMERIKA SERIKAT - Kebakaran besar yang melanda Hawaii menyebabkan satu rumah warga negara Indonesia (WNI) yang menikah dengan warga negara Amerika Serikat di Maui ludes dilalap si jago merah.

Hal ini disampaikan Direktur Pelindungan WNI Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Judha Nugraha, merespon situasi darurat di negara bagian Amerika Serikat itu.

Tidak ada korban WNI yang menjadi korban meninggal dunia dalam peristiwa ini, dan WNI tersebut juga telah mengungsi ke tempat yang aman.

"KJRI LA berhasil berkomunikasi dengan yang bersangkutan dan saat ini telah diungsikan ke lokasi aman di War Memorial Stadium Complex di kota Wailuku, Hawaii," kata Judha dalam pernyataannya, Selasa (15/8/2023).

Sebelumnya, Pemerintah Negara Bagian Hawaii telah mengeluarkan “emergency proclamation”.

Hingga saat ini (15/8), otoritas lokal menyampaikan korban meninggal mencapai 99 orang.

Judha mengatakan KJRI Los Angeles terus memonitor situasi bencana kebakaran di Maui, Hawaii dan menjalin komunikasi dgn otoritas lokal dan komunitas Indonesia di Hawaii.

KJRI LA juga sudah menyampaikan imbauan kepada masyarakat Indonesia di Hawaii untuk meningkatkan kewaspadaan.

WNI di Hawaii juga diminta untuk selalu memonitor informasi dan arahan otoritas lokal dan segera menghubungi hotline KJRI LA jika mengalami situasi darurat.

Baca juga: Gubernur Hawaii: Korban Tewas Sedikitnya 99 Orang, Masih Bisa Berlipat Ganda

"Berdasarkan catatan KJRI LA, terdapat sekitar 600 WNI yang menetap di Hawaii dan sekitar 20 diantaranya menetap di Maui," tutupnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat