androidvodic.com

Perang Ukraina Melebar ke Afrika? MI6 Disebut Latih Pasukan Neo-Nazi Bunuh Pemimpin Afrika Pro Rusia - News

News -- 'Peperangan' antara NATO dengan Rusia nanpaknya tidak hanya terjadi di Ukraina saja, namun diperkirakan bakalan melebar ke Afrika.

Tak ingin pengaruhnya di Afrika dicabik-cabik oleh Rusia yang ingin mengambil alih, negara di Eropa mulai 'bergerilya' untuk menghancurkan cengkeraman Moskow di sejumlah negara Afrika.

Kantor berita Ria Novosti dan TASS menyebutkan badan intelijen luar negeri Inggris atau dikenal dengan MI6 telah menyiapkan pasukan khusus untuk mengnaggu kerja sama Rusia dengan Afrika.

Baca juga: Soal Kudeta Niger, Rusia Peringatkan agar Ecowas Tidak Ambil Tindakan Militer

Saat ini Rusia memang sedang gencar-gencarnya mempelopori gerakan anti Eropa, salah satunya dengan mendukung kudeta di Niger yang penguasanya saat ini didukung oleh Prancis.

MI6 disebutkan telah membentuk "grup sabotase dan pembunuh" yang diambil dari 100 orang militan Neo-Nazi Ukraina, negara musuh bebuyutan Rusia.

TASS menyebutkan bahwa berita tersebut diungkapkan oleh sumber pejabat anonim dari Inggris dan telah dikonfirmasi.

London dilaporkan meminta Kiev pada bulan Juli untuk memberikan bantuan maksimal dan segera kepada perwakilan unit khusus MI6 dan SAS intelijen Inggris untuk memilih pejuang dengan pengalaman tempur yang signifikan di ‘front timur’.

Sumber yang tidak disebutkan namanya, dikutip oleh RIA dan TASS, mengklaim bahwa unit Inggris-Ukraina akan ditugaskan untuk "menyabotase infrastruktur di negara-negara Afrika, serta menghilangkan para pemimpin Afrika yang berorientasi pada kerja sama dengan Rusia."

Kelompok militan, yang diduga dipimpin oleh petugas Direktorat Utama Intelijen Kiev Letnan Kolonel Vitaliy Prashchuk, diperkirakan akan dikerahkan ke kota Omdurman di Sudan dari pelabuhan Izmail Ukraina dengan “kapal sipil sewaan” pada periode kedua pertengahan Agustus lalu, tambah sumber itu.

Baca juga: Ada Gencatan Senjata Idul Adha, Konflik di Sudan Masih Berlanjut, Serangan Udara Landa Khartoum

London telah sangat terlibat dalam konflik Ukraina sejak eskalasinya pada Februari 2022, memasok perangkat keras militer yang diproduksi di dalam negeri dan luar negeri ke Ukraina, melatih pasukan Ukraina di Inggris dan tempat lain di Eropa, dan berbagi intelijen.

The Wall Street Journal melaporkan pada bulan Mei bahwa pasukan khusus Inggris “beroperasi sangat dekat dengan garis depan” dan bahwa “pengaruh pemandu mereka terhadap aktivitas pasukan khusus Ukraina terbukti dalam operasi sabotase yang dilakukan Ukraina terhadap jalur kereta api, lapangan terbang, bahan bakar, dan Rusia Rusia. simpul logistik lainnya.”

“Kami tidak dapat mengesampingkan bahwa Inggris berpartisipasi dalam perencanaan, pengorganisasian, dan dukungan serangan teroris yang dilakukan oleh rezim Kiev di wilayah Rusia,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia saat itu, menambahkan bahwa Moskow berhak untuk menanggapi perilaku tersebut oleh Inggris pada waktu dan tempat yang dipilihnya.

Sepak Terjang 

Menurut Laporan Action on Armed Violence (AOAV), sebuah badan amal berbasis di London, Inggris telah mengirim pasukan khususnya ke 19 negara sejak 2011.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat