androidvodic.com

Ahli Bedah AS Eksperimen Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia yang Mati Otak - News

News - Ahli bedah di NYU Langone Health yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS) melaporkan kemajuan pada pasien mati otak yang mendapat transplantasi ginjal babi.

Pasien tersebut berhasil bertahan hidup selama 32 hari sejak operasi.

Ginjal babi yang digunakan adalah hasil modifikasi gen.

"Ini merupakan periode terpanjang di mana ginjal babi yang dimodifikasi gennya telah berfungsi para manusia," kata NYU Langone Health dalam rilisnya, Rabu (16/8/2023).

"Ini adalah langkah terbaru menuju pasokan organ alternatif yang berkelanjutan untuk pasien yang membutuhkan transplantasi," lanjutnya.

Staf bedah di NYU Langone Health berterimakasih kepada Mary Miller Duffy, saudara perempuan dari pasien yang mati otak, Maurice Miller (57).

Baca juga: Transplantasi Ginjal Tidaklah Mudah, Ini Syarat Bagi Penerima Donor

Mary Miller Duffy mengizinkan tubuh saudara laki-lakinya digunakan untuk prosedur inovatif transplantasi ginjal babi oleh NYU Langone Health.

“Saya ingin memulai dengan mengakui betapa bersyukurnya kita semua kepada Mary, yang duduk di sebelah saya,” kata Dr. Robert Montgomery pada presentasi berita yang dihadiri oleh The New York Post.

“Dia, pada saat kesedihan yang mendalam, menemukan cara untuk membantu saudara laki-lakinya mewujudkan keinginannya untuk memberikan hadiah kepada umat manusia pada saat kematiannya,” tambahnya, kepala ahli bedah dan ketua Departemen Bedah Kesehatan Langone NYU.

Penelitian tentang operasi pertama, yang berlangsung 14 Juli, akan berlanjut hingga pertengahan September, karena dokter memantau berapa lama ginjal hewan akan berfungsi dengan baik di dalam tubuh manusia setelah 32 hari.

"Ginjal babi hanya memiliki satu modifikasi genetik dan tanpa obat atau perangkat eksperimental," menurut Montgomery.

Transplantasi Organ Lintas Spesies

Ilustrasi
Ilustrasi (Metropolis Healthcare)

Baca juga: Tingkat Keberhasilan Transplantasi Ginjal di Indonesia Diklaim di Atas 95 Persen

Dalam xenotransplants, istilah medis untuk transplantasi organ lintas spesies, Montgomery dan timnya harus menciptakan solusi unik bagi tubuh pasien untuk menghindari "penolakan berlebihan" terhadap organ hewan setelah terhubung ke sistem peredaran darah pasien itu.

Ini dilakukan dengan "merobohkan" gen alfa-gal yang diubah dokter untuk mencegah penolakan pada pria tersebut, seperti diberitakan The New York Post.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat