androidvodic.com

Presiden Ukraina Zelensky Kunjungi Belanda Bahas Pengiriman Jet Tempur F-16 - News

News, BELANDA - Presiden Ukraina, Volodymydr Zelensky tiba di Belanda,  Minggu untuk kunjungan resmi untuk membahas pasokan jet tempur F-16 ke Ukraina dan sejumlah persoalan lainnya.

"Bersama Ibu Negara dan tim, kami telah tiba di Belanda," tulis Zelensky di akun Telegramnya seperti dilansir dari TASS.

"Kami siap melakukan negosiasi substansial dengan Perdana Menteri [Belanda] Mark Rutte," kata Zelensky.

“Bahasa utama [dalam agenda] adalah pengiriman F-16 untuk Ukraina,” katanya.

Sebelumnya, Zelensky melakukan kunjungan resmi ke Swedia untuk membahas kemungkinan pengiriman jet tempur Gripen ke Ukraina.

Baca juga: Pasukan Rusia Berhasil Jatuhkan Dua Drone Ukraina di Wilayah Rostov

Pada 21 Mei, Presiden AS Joe Biden mengumumkan pada konferensi pers setelah KTT G7 di Jepang bahwa Barat akan mulai melatih pilot Ukraina dalam menerbangkan pesawat generasi keempat, termasuk F-16.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan menyatakan, Washington akan segera berdiskusi dengan sekutunya negara mana yang cocok untuk mengirimkan jet tempur F-16 ke Kiev.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, Mei lalu mengatakan Denmark dan Belanda akan memimpin koalisi Eropa untuk melatih pilot Ukraina menerbangkan jet tempur F-16.

Presiden Ukraina Zelensky menyatakan bahwa masalah pengiriman F-16 dibahas di sela-sela KTT Komunitas Politik Eropa di Moldova pada 1 Juni.

Yury Sak, penasihat Menteri Pertahanan Ukraina, mengatakan bahwa Kiev berharap menerima antara 40 dan 50 jet tempur F-16.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat