androidvodic.com

Ultimatum Anggota Parlemen Rusia ke Polandia: Semuanya Akan Berakhir Buruk Bagi Kalian - News

Ultimatum Anggota Parlemen Rusia ke Polandia: Semuanya Akan Berakhir Buruk Bagi Kalian

News - Seorang anggota parlemen Rusia baru-baru ini mengeluarkan peringatan keras ke Polandia di tengah meningkatnya ketegangan di perbatasan Belarusia.

Andrey Gurulyov, anggota Duma negara Rusia dan mantan komandan militer, memperingatkan Polandia agar tidak menempatkan pasukannya di dekat eksklave (daerah khusus terpisah dari wilayah utama) Rusia, Kaliningrad.

Andrey Gurulyov saat tampil di televisi pemerintah Rusia, menuding kalau otoritas Polandia berusaha merebut kendali atas bagian Ukraina

Pernyataannya menyusul ketegangan selama berminggu-minggu antara Polandia dan Grup Wagner, sebuah organisasi paramiliter yang sebelumnya berperang bersama pasukan Rusia dalam perang Rusia-Ukraina.

Namun, Grup Wagner diasingkan ke Belarusia pada bulan Juni menyusul percobaan pemberontakan mereka terhadap kepemimpinan militer Rusia atas invasi stagnan Moskow.

Teman-teman, jika Tuhan melarang Anda pergi ke mana pun ke arah wilayah Kaliningrad kami, semuanya akan berakhir buruk bagi Anda

Kehadiran Wagner di Belarus telah memicu kekhawatiran tentang destabilisasi di Eropa timur dan tengah, termasuk di Polandia, anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Gurulyov mendesak pihak berwenang Rusia untuk mengambil sikap garis keras jika Polandia memindahkan pasukannya di dekat Kaliningrad, meskipun pihak berwenang Polandia belum menyatakan minat untuk menguasai wilayah tersebut.

"Topik kedua adalah mempertahankan Kaliningrad sebagai eksklave. Pesannya sangat jelas: 'Teman-teman, jika Tuhan melarang Anda pergi ke mana pun ke arah wilayah Kaliningrad kami, semuanya akan berakhir buruk bagi Anda'. Ini mungkin memang seharusnya begitu menjadi," katanya.

Ucapan Gurulyov diterjemahkan dan diposting ke Twitter oleh akun The Kremlin Yap Sabtu (19/8/2023) pagi.

Adapun Polandia diketahui belum memindahkan pasukan di dekat Kaliningrad, namun negara tersebut memang memobilisasi ribuan tentara ke dekat perbatasan Belarusia di tengah meningkatnya situasi keamanan atas kehadiran pasukan Grup Wagner di wilayah tersebut.

Polandia telah menyuarakan keprihatinan tentang kemungkinan Grup Wagner menyerang Polandia untuk menguasai Celah Suwałki, sebuah koridor kecil namun kritis yang terletak di sepanjang perbatasan timur laut Polandia yang memisahkan Rusia dari Kaliningrad.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Polandia sebelumnya mengatakan kepada Newsweek bahwa militernya "harus siap menghadapi berbagai kemungkinan skenario."

Tentara Polandia dengan tank ambil bagian dalam parade militer di Warsawa pada Hari Angkatan Darat Polandia, 15 Agustus 2023, untuk memperingati peringatan kemenangan tahun 1920 atas Soviet Rusia pada Pertempuran Warsawa selama Perang Polandia–Soviet. Wojtek RADWANSKI/AFP
Tentara Polandia dengan tank ambil bagian dalam parade militer di Warsawa pada Hari Angkatan Darat Polandia, 15 Agustus 2023, untuk memperingati peringatan kemenangan tahun 1920 atas Soviet Rusia pada Pertempuran Warsawa selama Perang Polandia–Soviet. Wojtek RADWANSKI/AFP (Wojtek RADWANSKI/AFP)

Negara Baltik Bakal Terisolir

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat