androidvodic.com

Air Olahan PLTN Fukushima Dibuang ke Laut Besok, PM Jepang Bertanggungjawab Sepenuhnya - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Air olahan PLTN Daiichi Fukushima akan dibuang besok Selasa (22/8/2023) dan PM Jepang Fumio Kishida menyatakan akan bertanggungjawab sepenuhnya atas pembuangan air limbah olahan nuklir tersebut.

"Pemerintah akan memastikan keamanan bahkan jika pelepasan berlanjut selama jangka waktu yang panjang selama beberapa dekade. Saya  akan bertanggung jawab penuh untuk menanggapi hal ini dan meminta pengertian Anda," ungkap PM Kishida malam ini dan juga hal serupa saat bertemu bertemu dengan perwakilan nelayan Senin ini.

Pihak nelayan tidak mengubah oposisinya, namun mereka mengindikasikan bahwa pemahaman pihak terkait mengalami kemajuan.

Mengenai rencana untuk mengencerkan air olahan yang terkumpul di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi ke konsentrasi di bawah standar dan melepaskannya ke laut, Perdana Menteri Kishida mengatakan bahwa saat ini telah  memutuskan  akan melepaskannya besok Selasa. Masanobu Sakamoto, ketua Asosiasi Nelayan, mengungkapkan di kediaman resmi Perdana Menteri.

"Kami menganggap serius keinginan para nelayan untuk terus menangkap ikan seperti sebelumnya. Selama negara melepaskannya ke laut, kami harus memastikan bahwa itu selesai dengan aman dan kami dapat melanjutkan kegiatan   mata pencaharian dengan ketenangan pikiran. Kami berjanji untuk terus mengambil tindakan yang diperlukan, bahkan jika itu memakan waktu lama selama beberapa dekade, dan bertanggung jawab penuh. Saya akan memonitor langsung hal tersebut," jelas PM Kishida lagi.

Selain itu, dia menyatakan niatnya untuk mengamankan anggaran jangka panjang secara terpisah dari anggaran perikanan yang ada untuk langkah-langkah seperti penanggulangan reputasi, dan meminta pengertian terkait pelepasan air olahan.

Sebagai tanggapan, Ketua Zengyoren Sakamoto berkata, "Tidak ada perubahan dalam penentangan kami terhadap pelepasan air olahan ke laut, yang tidak dipahami oleh publik. Namun, keamanan ilmiah dan jaminan sosial adalah hal yang berbeda, dan bahkan jika itu aman secara ilmiah, bukan berarti, misalnya, rumor berbahaya akan hilang."

Di sisi lain, dia berkata, "Saya menganggap pernyataan Perdana Menteri Kishida bahwa 'pemerintah akan bertanggung jawab penuh atas tanggapannya meskipun diperlukan beberapa dekade' menjadi pernyataan yang sangat berat."

Berdasarkan isi rapat, pemerintah akan menggelar rapat menteri besok, dan sedang berkoordinasi untuk memulai pelepasan besok Selasa.

Setelah bertemu dengan Perdana Menteri Kishida, Masanobu Sakamoto, ketua Zengyoren (Federasi Nasional Asosiasi Koperasi Perikanan), mengatakan kepada wartawan, "Satu-satunya harapan saya adalah  dapat terus menangkap ikan untuk anak cucu saya, dan saya ingin pemerintah menanggapi dengan tegas."

Selain itu, terkait janji pemerintah untuk  tidak mengambil tindakan apa pun kecuali ada pemahaman dari pihak-pihak terkait, "Janji itu tidak diingkari, tetapi tidak dipenuhi. Kami menerima kata-kata berat dari Perdana Menteri. Kami akan terus mendukung mereka, dan kami akan terus terlibat dalam industri perikanan." 

Tetsuji Suzuki, direktur pelaksana Federasi Perikanan Prefektur Fukushima, yang menghadiri pertemuan tersebut, mengatakan kepada wartawan, "Seperti sebelumnya, saya menyampaikan penolakan saya terhadap pembuangan ke laut.

Mengenai 'pemahaman pihak-pihak yang terlibat' dalam memorandum 2015, itu telah menjadi masalah lama Ketua Federasi Perikanan Prefektur Fukushima tidak mengubah pendapatnya bahwa hanya setelah pekerjaan penonaktifan selesai dengan aman dan telah dipastikan bahwa kami, industri perikanan di Fukushima, terus berlanjut sebagai mata pencaharian , apakah kita dapat memahaminya. Kami telah menyampaikan pemikirannya kepada Perdana Menteri Kishida."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat