androidvodic.com

Yevgeny Prigozhin: Wagner Perluas Pengaruh Rusia, Bantu Afrika Semakin Bebas - News

News - Bos perusahaan swasta Wagner, Yevgeny Prigozhin, mengunggah video pertama kalinya di Telegram semenjak pemberontakan di Rusia pada Juni 2023 lalu.

Dalam video itu, Yevgeny Prigozhin terlihat berdiri di gurun dengan seragam kamuflase dan membawa senapan di tangannya.

Di kejauhan, terlihat lebih banyak pria bersenjata dan sebuah truk pikap.

Ia mengatakan, kelompok Wagner sedang melakukan kegiatan pengintaian dan pencarian.

"Wagner membuat Rusia menjadi lebih besar di semua benua, dan Afrika menjadi lebih bebas," kata Yevgeny Prigozhin, Senin (21/8/2023), seperti diberitakan The Guardian.

"Wagner telah mengejar ISIS, Al-Qaeda, dan bandit lainnya,” tambahnya.

Baca juga: Bos Wagner Rusia Yevgeny Prigozhin Isyarakatkan Berada di Afrika

Dia kemudian mengatakan Wagner sedang merekrut orang dan kelompok itu akan memenuhi tugas yang telah ditetapkan.

Media independen tidak dapat melakukan geolokasi atau memverifikasi tanggal video tersebut, namun komentar Yevgeny Prigozhin dan beberapa postingan di saluran pro-Wagner menunjukkan video tersebut difilmkan di Afrika.

Saluran media sosial Rusia yang terhubung dengan pemimpin tentara bayaran mengatakan Yevgeny Prigozhin merekrut pejuang untuk bekerja di Afrika, seperti diberitakan RT.

Ia juga mengundang investor dari Rusia untuk memasukkan uang ke Republik Afrika Tengah melalui Russian House, sebuah pusat budaya di ibu kota negara Afrika.

Selain Afrika, sejumlah pasukan Wagner juga ditempatkan di Belarusia.

Jumlah Pasukan Wagner di Belarusia Menurun

Gambar selebaran yang diposting pada 20 Juli 2023 di saluran Telegram Kementerian Pertahanan Belarusia ini menunjukkan pelatihan bersama para pejuang PMC Wagner dengan prajurit pasukan khusus Belarusia di lapangan militer Brestsky. Belarus mengatakan pada 20 Juli 2023 bahwa instruktur dari pasukan tentara bayaran Wagner telah mulai melatih pasukan khusus negara bekas Soviet itu, hampir sebulan setelah pemberontakan yang dibatalkan di Rusia. Wagner, yang memainkan peran kunci dalam serangan Ukraina, berusaha menggulingkan kepemimpinan militer Rusia selama pemberontakan singkatnya bulan lalu, sebelum mundur.
Orang kuat Belarusia Alexander Lukashenko menawarkan perlindungan kepada pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin di Belarusia dan mengatakan pasukannya akan mendapat manfaat dari pengalaman tempur para komandan Wagner.
Gambar selebaran yang diposting pada 20 Juli 2023 di saluran Telegram Kementerian Pertahanan Belarusia ini menunjukkan pelatihan bersama para pejuang PMC Wagner dengan prajurit pasukan khusus Belarusia di lapangan militer Brestsky. (Selebaran / TELEGRAM / @modmilby / AFP)

Baca juga: Dua Drone Ukraina Jatuh di Perairan Laut Hitam, Berjarak 40 km Barat Laut Semenanjung Krimea.

Penempatan di Belarusia ini menyusul kesepakatan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Wagner yang ditengahi oleh Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko pada Juni 2023 lalu.

Sebelum pindah ke Belarus, Wagner menyerahkan senjatanya kepada militer Rusia, sebagai bagian dari upaya otoritas Rusia untuk meredakan ancaman yang ditimbulkan oleh tentara bayaran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat