androidvodic.com

India Negara Pertama yang Mendarat di Kutub Selatan Bulan: Ini Penampakan Foto Pertama dari Vikram - News

India Negara Pertama yang Mendarat di Kutub Selatan Bulan: Ini Penampakan Foto Pertama dari Vikram

News - India menjadi negara pertama di bumi yang berhasil mendarat di wilayah kutub selatan Bulan.

Pada Rabu (23/8/2023), Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) kemudian merilis foto pertama dari wahana antariksa bulannya, Vikram.

Gambar hitam-putih, yang diberi tanda air ISRO, menunjukkan “sebagian dari lokasi pendaratan Chandrayaan-3,”.

"Salah satu kaki pendarat Vikram, dan bayangan yang muncul di permukaan bulan," menurut badan ruang angkasa India tersebut.

“Hari bersejarah bagi sektor luar angkasa India,” kata Perdana Menteri India, Narendra Modi setelah menonton siaran langsung keberhasilan pendaratan dari Afrika Selatan, tempat ia menghadiri KTT BRICS.

Wahana penjelajah bulan pertama India, Chandrayaan-1, berhasil mengorbit Bulan pada tahun 2008.

Upaya pendaratan di kutub pertama dilakukan pada tahun 2019, dengan wahana Chandrayaan-2, namun pendarat Vikram kehilangan kontak dengan kendali misi sesaat sebelum mendarat dan jatuh ke permukaan bulan.

Misi berlanjut dengan mengirim Chandrayaan-3 yang diluncurkan pada 14 Juli.

Pendarat ini tingginya sekitar 2 meter dan memiliki massa lebih dari 1.700 kg.

Pesawat luar angkasa Chandrayaan-3 beberapa detik sebelum berhasil mendarat di bulan di kutub selatan Bulan. India pada tanggal 23 Agustus menjadi negara pertama yang mendaratkan pesawat di dekat kutub selatan Bulan, dan Perdana Menteri Narendra Modi menyebutnya sebagai
Pesawat luar angkasa Chandrayaan-3 beberapa detik sebelum berhasil mendarat di bulan di kutub selatan Bulan. India pada tanggal 23 Agustus menjadi negara pertama yang mendaratkan pesawat di dekat kutub selatan Bulan, dan Perdana Menteri Narendra Modi menyebutnya sebagai "hari bersejarah". (ISRO / AFP)

Pesawat ini membawa penjelajah bulan, dijuluki Pragyan, dan dimaksudkan untuk mempelajari wilayah kutub selatan Bulan.

Para ilmuwan berharap dapat mengkonfirmasi temuan instrumen sebelumnya mengenai es di Bulan, yang dapat digunakan sebagai udara, air, dan bahan bakar untuk eksplorasi ruang angkasa di masa depan.

Pendaratan pada hari Rabu menjadikan India negara keempat yang berhasil melakukan pendaratan lunak di permukaan bulan – setelah Uni Soviet, Amerika Serikat, dan Tiongkok.

Lebih spesial, India menjadi negara pertama yang berhasil melakukan pendaratan mulus di wilayah kutub terjal di bagian selatan Bulan.
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat