androidvodic.com

PM Jepang Gunakan KTT ASEAN dan G20 Melobi Kepala Negara Soal Limbah PLTN Fukushima ke Laut Lepas - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida akan berpartisipasi dalam KTT ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) dan KTT Kelompok 20 (G20) yang akan diadakan pada awal September, sekaligus melobi para kepala negara yang hadir.

"PM Kishida  akan mencari pemahaman mengenai pembuangan air yang terkontaminasi (air yang diolah) dari Fukushima Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Daiichi ke laut, itulah kebijakan yang jadi target nantinya," papar sumber News Rabu (30/8/2023).

Perdana Menteri Kishida akan mengunjungi Indonesia, tempat KTT ASEAN akan diadakan pada tanggal 5 hingga 7 September, dan India, tempat KTT G20 akan diadakan pada tanggal 9 hingga 10 September, dan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan negara-negara peserta untuk meningkatkan hubungan maritim serta berencana untuk menjelaskan pendiriannya bahwa pembuangan tersebut mematuhi standar keselamatan internasional.

Secara khusus, pada kunjungan tersebut berencana untuk terus mengkoordinasikan pertemuan puncak dengan China, yang telah memberlakukan embargo penuh terhadap produk makanan laut Jepang.

Dari China, Perdana Menteri Li Qiang diperkirakan akan menghadiri KTT ASEAN, dan Presiden China Xi Jinping diperkirakan akan menghadiri KTT G20.

Pemerintah Jepang juga berpandangan bahwa hubungan kedua negara semakin memburuk setelah air yang terkontaminasi dibuang, sehingga kemungkinan akan  sulit untuk mengadakan pertemuan puncak di kancah internasional tersebut.

 Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz  Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat