androidvodic.com

Sejumlah Pemimpin Negara Mitra ASEAN Telah Hadir di Jakarta: PM Cina hingga Wapres Amerika Serikat - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Sejumlah kepala negara atau pemerintahan negara sahabat telah tiba di Jakarta mengikuti rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang berlangsung sejak Selasa (5/9/2023) sampai Kamis (7/9/2023) besok.

Selain pemimpin negara-negara ASEAN yang sudah lebih dulu tiba, para pemimpin negara mitra ASEAN tercatat telah mendarat di Indonesia pada Selasa kemarin.

Dirangkum Rabu (6/9/2023), pemimpin pertama yang tiba yakni Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Dia tiba pada pukul 11.45 WIB.

Pada Selasa sore, Trudeau juga telah mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.

Kemudian, pemimpin negara Asia Timur bergantian tiba di Indonesia pada Selasa petang.

Mereka adalah Menteri China Li Qiang m, diikuti Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol, dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Malamnya, giliran Perdana Menteri Anthony Albanese dan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Albanese tiba pada pukul 20.15 WIB, disusul oleh Harris pada pukul 22.00 WIB.

Dalam perhelatan ini, total ada 12 pertemuan yang akan dilaksanakan dalam tiga hari. Berikut rangkaian acara dan lokasi KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.

5 September

Pada Selasa (5/9/2023), akan diadakan dua pertemuan utama yakni 43rd ASEAN Summit (Plenary Session) dan 43rd ASEAN Summit (Retreat Session) di Jakarta Convention Center. Presiden Joko Widodo diagendakan membuka pertemuan ini.

Presiden Jokowi dalam konferensi pers pekan lalu mengatakan KTT ASEAN ini akan berfokus pada isu-isu pertumbuhan ekonomi dan membahas sejumlah konflik di kawasan.

Selain dua pertemuan utama, pada Selasa (5/9/2023) juga akan diadakan pertemuan ASEAN-Indo-Pacific Forum di Hotel Mulia Senayan.

6 September

Pada hari kedua rangkaian KTT ASEAN, akan diadakan pertemuan ASEAN dan sederet negara-negara mitra wicara.

Pertemuan tersebut di antaranya 26th ASEAN-China Summit, 24th ASEAN-Republic of Korea (ROK) Summit, 26th ASEAN-Japan Summit, 26th ASEAN Plus Three (APT) Summit, ASEAN-US Summit, dan ASEAN-Canada Summit.

7 September

Pada hari ketiga KTT ASEAN, akan digelar serangkaian pertemuan dengan negara mitra wicara dan diakhiri dengan penutupan KTT serta konferensi pers oleh Presiden Joko Widodo.

Pertemuan di hari ketiga antara lain 20th ASEAN-India Summit, 3rd ASEAN-Australia Summit, 13th ASEAN-UN Summit, 18th East Asia Summit, upacara penutupan 43rd ASEAN Summit dan penyerahan keketuaan ASEAN untuk Laos

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat