androidvodic.com

Negara Barat ‘Tertampar’ Oleh KTT G20, Ini Pasalnya - News

News – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang saat ini digelar di India dianggap sebagai 'tamparan' bagi negara-negara Barat.

Pasalnya, dalam KTT yang berlangsung di New Delhi, India selama beberapa hari hingga Minggu (10/9/2023) tersebut tidak memutuskan memberikan hukuman terhadap Rusia.

Padahal selama ini NATO dan negara Barat menjadi pendukung penuh perjuangan Ukraina melawan invasi Rusia.

Baca juga: AS Berpotensi Kirim Rudal ATACMS ke Ukraina, Rusia Bisa Kena Hantam dari Jarak Ratusan Kilometer

Dokumen tersebut hanya menyatakan rasa prihatin terhadap peperangan Ukraina dan Rusia yang menyebabkan rakyat Ukraina menderita.

Dalam sebuah artikel di surat kabar Die Zeit yang berkantor di Jerman menyebutkan dalam dokumen final G20 mengisyaratkan kegagalan rencana Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat mengisolasi Rusia.

“Apakah KTT G20 sukses, bertentangan dengan ekspektasi? Kanselir Olaf Scholz setidaknya mencoba menyajikan hasilnya seperti itu. Namun kenyataannya agak menyedihkan,” tulis artikel tersebut.

Kolumnis publikasi tersebut mengingat bahwa pernyataan yang diadopsi setahun yang lalu pada pertemuan puncak di Bali dianggap sebagai “tamparan di wajah” Federasi Rusia.

Sekarang (Kanselir Jerman) Olaf Scholz "mengakui apa yang tidak bisa lagi disembunyikan": tidak ada kecaman dalam deklarasi tersebut, "tidak ada penyebutan tamparan," catat artikel itu.

Pada konferensi pers hari Sabtu, Kanselir Jerman mengatakan dia menganggap pernyataan akhir itu sukses.

Beda Pandangan

Dalam dokumen tersebut para pemimpin G20 mengakui perbedaan pandangan dan penilaian terhadap situasi di Ukraina di antara anggota masyarakat.

Mereka meminta semua negara untuk mematuhi prinsip-prinsip hukum internasional, termasuk prinsip-prinsip mengenai kedaulatan dan integritas wilayah, dan juga menekankan pentingnya penyelesaian konflik dan dialog secara damai.

Baca juga: PM India Narendra Modi secara Resmi Undang Uni Afrika Gabung G20

Dikutip dari TASS, para pemimpin G20 telah mengakui perbedaan pandangan dan penilaian terhadap situasi di Ukraina di antara para anggotanya, menurut deklarasi akhir KTT kelompok tersebut di New Delhi.

“Kami menyoroti penderitaan manusia dan dampak tambahan negatif dari perang di Ukraina sehubungan dengan keamanan pangan dan energi global, rantai pasokan, stabilitas keuangan makro, inflasi dan pertumbuhan, yang telah mempersulit lingkungan kebijakan bagi negara-negara, terutama negara-negara berkembang dan kurang berkembang.

Negara-negara yang masih dalam masa pemulihan dari pandemi COVID-19 dan gangguan ekonomi yang menghambat kemajuan SDGs. Terdapat perbedaan pandangan dan penilaian terhadap situasi ini," demikian isi dokumen tersebut.

Baca juga: Hadiri KTT G20 di Bharat Mandapam, Presiden Jokowi Disambut Langsung oleh PM Modi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat