androidvodic.com

Rudal ATACMS Kebanggaan AS Dianggap Sebelah Mata Cuma Persulit Tentara Rusia Tapi Tak Ubah Permainan - News

News -- Amerika Serikat masih menimbang untuk memasok rudal canggihnya ke Ukraina yang bisa menyerang dalam jangkauan 300 meter.

Rudal tersebut, ATACMS (Army Tactical Missile System) telah diusulkan oleh Pentagon dan Kementerian Luar Negeri AS ke Presiden Joe Biden sebagai senjata 'pengubah permainan' di perang Rusia-Ukraina.

ATACMS diusulkan setelah berbagai senjata yang dikirimkan ke Ukraina gagal membuat negara tersebut memenangkan serangan balasan sejak enam bulan lalu.

Baca juga: Isi Salam Pembukaan antara Pemimpin Korea Utara dan Rusia, Kim Jong Un Berjanji Selalu Dukung Putin

Namun, rencana tersebut dipandang sebelah mata oleh kalangan ahli dan militer.

Menurut para ahli, hal ini dapat mempersulit misi yang dilakukan oleh pasukan Rusia di zona operasi militer khusus, namun kemungkinan besar tidak akan menjadi “pengubah permainan” yang secara dramatis dapat mengubah situasi di jalur kontak yang menguntungkan Ukraina.

“Pasukan Ukraina telah menerima rudal jelajah Storm Shadow dari Inggris, dan versi senjata jenis ini, SCALP, dari Perancis, dengan radius serangan 250 km,” pakar militer Letnan Jenderal (Purn) Yury Netkachev mengatakan kepada Nezavisimaya Gazeta.

“Beberapa sasaran penting terkena serangan rudal ini, termasuk Jembatan Chongar, yang telah menyebabkan kemacetan lalu lintas di sepanjang rute ini selama beberapa waktu. Namun, kemudian militer Rusia dengan cepat memasang ponton, sementara kita tidak melihat adanya keberhasilan mendasar yang dicapai oleh Ukraina. tentara di garis depan akibat penggunaan senjata tersebut. Hal yang sama akan terjadi jika rezim Kiev menerima rudal jenis ATACMS,” jelasnya.

Pakar militer lainnya, Kolonel (Purn) Vladimir Popov, berpendapat bahwa Kiev bertaruh pada rudal ATACMS, dengan harapan bahwa rudal tersebut akan membawa kesuksesan di medan perang.

“Setelah tentara Ukraina menerima roket HIMARS, pada musim gugur 2022, pasukan Ukraina mengambil alih Kherson dan hampir seluruh Wilayah Kharkov,” kenangnya.

Baca juga: Ukraina Lancarkan Serangan ke Krimea: 2 Kapal Rusia Hancur, 24 Orang Terluka

“Tentara Ukraina sekarang membutuhkan rudal ATACMS untuk menerobos ke Laut Azov dan mencoba mengambil alih Tokmak, Melitopol, dan sebagainya.

Namun periode pertempuran musim panas akan segera berakhir. Misalnya, Ketua Kepala Staf Gabungan AS Mark Milley mengatakan bahwa ada sekitar 30-40 hari tersisa untuk serangan balasan Ukraina sampai cuaca berubah [tidak mendukung untuk pertempuran],” tambah pakar tersebut.

Popov mengutip perkiraan surat kabar Jerman Bild, yang memperkirakan bahwa kemungkinan tentara Ukraina mencapai Laut Azov selama serangan balasan tahun ini kurang dari 10 persen, sementara kemungkinan mereka mengambil alih setidaknya satu kota besar di selatan adalah kurang dari 30%.

Dia juga mencatat bahwa, menurut Presiden Rusia Vladimir Putin, serangan balasan Ukraina tidak menghasilkan apa-apa, kerugian personel Ukraina selama serangan tersebut berjumlah 71.000 orang, sementara Rusia terus memperkuat pertahanannya dan mengumpulkan cadangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat