androidvodic.com

Pangkalan Udara Rusia Dibom Penyabot, Ukraina: Komando Militer Moskow Histeris! - News

Pangkalan Udara Rusia Dibom, Ukraina: Komando Militer Moskow HIsteris!

News - Badan intelijen militer Ukraina (HUR) mengklaim, sebuah pangkalan udara Rusia di dekat Moskow dibom oleh para penyabot tak dikenal, awal pekan ini. 

Klaim HUR tersebut pada Rabu (20/9/2023) menyebut, sabotase oleh penyabot tak dikenal itu membuat sejumlah pesawat militer Rusia meledak di pangkalan udara Chkalovsky.

"Sekelompok orang tak dikenal berhasil menempatkan dan meledakkan bahan peledak di lapangan terbang Chkalovsky pada hari Senin," ungkap Direktorat Utama Intelijen Ukraina, bagian dari kementerian pertahanan Ukraina dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Tiga Brigade Elite Rusia Rontok, Taktik Ukraina Bikin Tentara Moskow Terbelah, Bakhmut di Genggaman 

Pihak Kiev mengatakan sabotase tersebut merusak sebuah pesawat jet Antonov An-148, sebuah pesawat serang darat Ilyushin Il-20, dan sebuah helikopter serang Mil Mi-28 yang sebelumnya digunakan untuk menembak jatuh drone di sekitar wilayah Moskow.

"Kerusakan yang terjadi pada pesawat membuat pemulihan cepat tidak mungkin dilakukan. Bagian ekor helikopter rusak akibat ledakan. AN-148 lain yang diparkir dekat dengan yang lain rusak ringan," kata HUR, menurut terjemahan dari Ukrainska Pravda.

Ukraina mengklaim bahwa insiden tersebut menyebabkan histeria besar di kalangan komando tertinggi militer Rusia.

Kepanikan lantaran pangkalan udara Chkalovsky merupakan lokasi vital tempat parkirnya sejumlah aset penting, seperti pesawat pengintai tingkat tinggi serta 'doomsday plane' sebuah pesawat berbadan besar yang dapat berfungsi sebagai pusat komando dan kendali lintas udara jika terjadi bencana besar atau konflik.

Pihak Ukraina tidak secara spesifik mengaku bertanggung jawab atas serangan sabotase itu.

Meski begitu, Ukraina melaporkan bahkan menerbitkan citra satelit dari pangkalan udara tersebut pasca-sabotase.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak segera mempublikasikan komentar mengenai sabotase tersebut, namun HUR mengatakan Moskow telah meluncurkan penyelidikan atas insiden tersebut.

Jet tempur Su-34 Rusia tampak ditumpuki ban-ban bekas mobil di atas bodinya. Sebelumnya, Rusia juga melapis sayap pesawat pengebom Tu-95 menggunakan ban-ban mobil.
Jet tempur Su-34 Rusia tampak ditumpuki ban-ban bekas mobil di atas bodinya. Sebelumnya, Rusia juga melapis sayap pesawat pengebom Tu-95 menggunakan ban-ban mobil. (twitter)

Rusia Kelabakan Tangkis Sabotase ke Lapangan Udaranya 

Sabotase di Chkalovsky ini menjadi serangan kesekian terhadap pangkalan udara di dalam teritori Rusia.

Perlu digarisbawahi, letak pangkaln-pangkalan udara militer Rusia yang mendapat serangan ini berada jauh dari garis depan pertempuran yang sedang berlangsung di Ukraina.

Serangan-serangan ini, beberapa di antaranya dilakukan oleh drone, telah merusak dan menghancurkan beberapa pesawat militer Rusia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat