androidvodic.com

Ketua DPR Kanada Mundur, Malu Dikritik setelah Puji Veteran Nazi Ukraina - News

News - Ketua DPR Kanada, Anthony Rota, mengundurkan diri dari jabatannya hanya beberapa hari setelah ia memuji Yaroslav Hunka (98), veteran unit Nazi selama Perang Dunia II.

Pujian itu diberikan ketika Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengunjungi House of Commons di Kanada pada Jumat (22/9/2023) lalu.

Anthony Rota mengatakan dia mengundurkan diri “dengan berat hati” di depan anggota parlemen Kanada di Ottawa pada Selasa (26/9/2023) sore.

“Rumah ini berada di atas kita semua. Oleh karena itu, saya harus mundur sebagai ketua Anda,” kata Rota di parlemen Kanada, Selasa (26/9/2023).

“Saya menegaskan kembali penyesalan saya yang mendalam atas kesalahan saya dalam mengakui seseorang di DPR,” tambahnya.

“Pengakuan publik tersebut telah menimbulkan penderitaan bagi individu dan komunitas, termasuk komunitas Yahudi di Kanada dan di seluruh dunia, serta para penyintas kekejaman Nazi di Polandia dan negara-negara lain,” lanjutnya, dikutip dari Al Jazeera.

Pengunduran dirinya mulai berlaku pada Rabu (27/9/2023).

Baca juga: Kanada Puji Veteran Nazi Ukraina, Ketua DPR Minta Maaf setelah Dikritik Kaum Yahudi

Ketua DPR Kanada Diminta Mundur dari Jabatan

Sebelumnya, Ketua DPR Kanada Anthony Rota menghadapi seruan untuk mengundurkan diri dari kelompok advokasi, anggota parlemen Kanada, dan bahkan anggota penting Partai Liberal yang dipimpinnya.

Legislator Kanada dari semua partai besar telah menyerukan Anthony Rota untuk mundur, dan Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Joly, mengatakan pada Selasa (26/9/2023) pagi, kejadian tersebut memalukan bagi DPR dan warga Kanada.

"Dan menurut saya ketua harus mendengarkan anggota DPR dan mundur,” katanya.

Pemimpin DPR dari Partai Demokrat Baru yang progresif, Peter Julian, mengatakan pada Senin (25/9/2023), Anthony Rota telah membuat kesalahan yang tidak dapat dimaafkan yang membuat reputasi seluruh DPR menjadi buruk.

Ketika ditanya tentang pengunduran dirinya pada Selasa (27/9/2023) sore, Julian mengatakan langkah-langkah perlu diambil untuk memastikan bahwa hal ini tidak akan terjadi lagi di Parlemen Kanada.

Dia menambahkan, masih belum jelas kapan pemungutan suara untuk ketua berikutnya akan dilakukan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat