androidvodic.com

Salah Sasaran, Rusia Tembak Jatuh Jet Tempur Canggih Su-35 Miliknya Sendiri di Tokmak - News

Salah Sasaran, Rusia Tembak Jatuh Jet Tempur Canggih Su-35 Miliknya Sendiri di Tokmak

News - Sistem pertahanan udara Rusia dilaporkan salah sasaran dengan menembak jatuh salah satu jet tempur Su-35 miliknya dalam insiden tembak-menembak baru-baru ini.

Kabar tersebut dilaporkan Departemen Pertahanan Inggris dalam pembaruan kabar situasi perang Rusia dan Ukraina merujuk hasil assesment intelijen Inggris, Rabu (4/10/2023).

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan, insiden itu terjadi pada 28 September 2023 di dekat Tokmak, sebuah kota di Ukraina yang diduduki Rusia, dekat garis depan pertempuran di wilayah Zaporizhzhia.

Baca juga: Pabrik Rudal Kh-59 Rusia Dihantam Drone Ukraina: Ledakan Disertai Kilatan Cahaya

Dalam update-nya tersebut, intelijen Inggris menyatakan keyakinannya kalau Su-35 Rusia yang tertembak sistem pertahanan udara sendiri tersebut, hancur.

“Pada tanggal 28 September 2023, pasukan pertahanan udara Rusia kemungkinan besar menembak jatuh salah satu jet tempur multi-peran Su-35S FLANKER M mereka di atas Tokmak, sekitar 20 km di belakang garis depan saat ini,” tulis kementerian tersebut di Twitter.

Video yang menunjukkan salah sasarannya sistem pertahanan udara Rusia hingga menembak jatuh salah satu jet tempur canggih milik Moskow itu beredar online.

Sejumlah saluran telegram di Rusia juga telah memposting tentang penembakan jatuh pesawat tempur canggih tersebut bersama dengan video dan foto yang menunjukkan serangan tersebut dan dampaknya.

"Tokmak, berjarak sekitar 12 mil dari depan (garis depan pertempuran), dan pangkalan Rusia di sana akan dipenuhi dengan pertahanan udara yang kuat," kata laporan terbaru Inggris.

“Markas besar ini biasanya dilindungi dengan sistem pertahanan udara khusus jarak pendek dan menengah,” kata laporan tersebut.

“Ini hampir pasti dilakukan dengan kesiapan yang sangat tinggi, karena Ukraina terus melakukan serangan yang efektif terhadap lokasi-lokasi tersebut,” tulis penjelasan intelijen Inggris terkait dugaan salah sasaran sistem pertahanan udara Rusia hingga menembak pesawatnya sendiri. 

Jurnalis Ukraina Andrii Tsaplienko memposting gambar hitam putih di Telegram pada tanggal 30 September yang menunjukkan sebuah jet tempur hancur tergeletak di lapangan.

Akun OSINTtechnical, memposting gambar serupa Su-35. Gambar lain, yang diposting oleh akun yang sama, tampak menunjukkan aliran asap di langit malam, kemungkinan setelah jet tersebut ditabrak.

Kementerian Pertahanan Rusia juga belum mengkonfirmasi laporan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat