androidvodic.com

VIDEO Sirene Meraung-raung di Seluruh Rusia, Tanda Situasi Darurat, Ada Apa? - News

VIDEO Sirene Meraung-raung di Seluruh Rusia, Tanda Situasi Darurat, Ada Apa?

News - Media sosial pada Rabu (4/10/2023) dihiasi video yang menunjukkan sirene berbunyi di seluruh Rusia.

Sirene yang meraung-raung itu merupakan tanda situasi darurat.

Hanya, pada Rabu, sirene yang berbunyi itu hanya bersifat latihan situasi kegawatdaruratan.

Baca juga: AS dan Rusia Gelar Latihan Situasi Darurat Nasional di Hari yang Sama, Antisipasi Perang Nuklir?

Pihak berwenang Rusia pada hari Selasa meminta masyarakat untuk “tetap tenang” selama latihan tersebut.

Latihan situasi darurat itu terjadi ketika ketegangan antara Rusia dan Barat masih tinggi setelah invasi besar-besaran militer Rusia pimpinan Presiden Vladimir Putin ke Ukraina tahun lalu.

“Mendengar suara sirene, Anda harus tetap tenang dan tidak panik, nyalakan TV—saluran atau radio apa pun yang dapat diakses publik—dan dengarkan pesan informasinya,” kata Kementerian Situasi Darurat Rusia (MCHS) melalui saluran Telegramnya.

"Sistem peringatan dirancang untuk menyampaikan sinyal secara tepat waktu kepada penduduk jika terjadi ancaman atau keadaan darurat yang bersifat alami atau buatan manusia," tulis keterangan tersebut.

Berikut video latihan situasi darurat di seluruh Rusia:

Kementerian mengatakan latihan semacam itu diperlukan "untuk memastikan kinerja semua sistem yang ada agar dapat mengirimkan sinyal dan informasi secara tepat waktu kepada masyarakat jika terjadi situasi darurat."

Agentstvo, sebuah situs investigasi yang diluncurkan pada tahun 2021, menerbitkan beberapa video sirene yang berbunyi pada hari Rabu, mencatat bahwa latihan tersebut dimulai pada pukul 10:43 waktu Moskow, dan berlangsung selama satu menit.

"Namun, setidaknya di satu tempat di ibu kota Rusia, Moskow, peringatan tersebut berbunyi pada malam hari," lapor publikasi tersebut, merujuk pada video yang diterbitkan oleh para saksi mata.

Menurut outlet berita independen Rusia Meduza, latihan semacam itu dilakukan di Rusia setidaknya setahun sekali.

AS Juga Gelar Latihan Situasi Darurat di Hari yang Sama 

AS juga melakukan latihan peringatan darurat nasional pada hari Rabu.

Badan Manajemen Darurat Federal AS (FEMA) mengatakan bahwa mulai sekitar pukul 14:20 ET, mereka akan melakukan uji coba Sistem Peringatan Darurat (EAS) secara nasional untuk TV dan radio, dan Peringatan Darurat Nirkabel (WEA) untuk telepon.

Menara seluler akan menyiarkan sinyal selama kurang lebih 30 menit, menyebabkan telepon nirkabel yang kompatibel dengan WEA akan menerima pesan pengujian.

"Bagian tes EAS dijadwalkan berlangsung sekitar satu menit," kata FEMA.

Orlando Olivera, Koordinator Kantor Area Karibia FEMA di Puerto Rico, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa badan federal ingin memastikan bahwa sistem terus efektif" dan bahwa "masyarakat memahami dan menggunakan peringatan dan peringatan ini tentang keadaan darurat, khususnya yang di tingkat nasional, seiring kami berupaya memperkuat kesiapsiagaan darurat di komunitas."

(oln/NW/*) 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat