androidvodic.com

Tentara Ukraina Bergerak Maju ke Zaporizhzhia, Rusia Evakuasi Keluarga Perwira dari Tokmak - News

Tentara Ukraina Maju ke Zaporizhzhia, Rusia Evakuasi Keluarga Perwira dari Tokmak

News - Militer Rusia dilaporkan mengevakuasi keluarga perwira dari kota Tokmak di Ukraina ketika pasukan Kiev bergerak maju ke front Zaporizhzhia selatan.

Kabar itu disampaikan Ivan Fedorov, Wali Kota Melitopol, kota di wilayah Zaporizhzhia di selatan Ukraina yang saat ini diduduki Rusia.

Ivan Fedorov mengabarkan hal itu dalam sebuah unggahan di saluran Telegramnya mengenai situasi di Tokmak.

"'Tidak ada kepanikan', namun (jelas) ada kepanikan," kata Ivan Fedorov.

Baca juga: Beredar Video Pendaratan Amfibi Pasukan Khusus Ukraina di Krimea: Korban Tentara Rusia Lebih Banyak

Sebagai gambaran, Pasukan Ukraina kini membidik Melitopol untuk dibebaskan dari pendudukan Rusia dalam upaya serangan balasan yang sudah dimulai sejak Juni silam.

Melitopol dinilai menjadi titik strategis bagi Ukraina untuk mencapai tujuan yang lebih besar, menguasai kembali Krimea dari Rusia yang mengambil alih kawasan itu pada 2014 silam.

Adapun Tokmak adalah kota kecil dan strategis yang terletak hanya beberapa mil di belakang garis depan di Zaporizhzhia dan saat ini berfungsi sebagai jalur kereta api dan jalan utama bagi pasukan Moskow.

Wilayah ini terletak di jalur utama yang mungkin digunakan Kiev untuk memutus semenanjung Laut Hitam Krimea dari wilayah pendudukan lainnya.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bulan lalu bahwa pasukan Rusia telah berusaha keras untuk membentengi wilayah tersebut karena “kekhawatiran yang semakin besar” terhadap kemajuan Kiev menembus garis pertahanan Rusia di wilayah pendudukan.

“Para penjajah di front Melitopol sedang bersiap menghadapi musim gugur yang panas. Cuaca sudah terik di Tokmak: beberapa minggu yang lalu para penjajah mulai mengevakuasi badan-badan ‘otoritas’, dan beberapa hari yang lalu para perwira Rusia mulai secara intensif mengevakuasi keluarga mereka,” kata Fedorov.

Fedorov mengklaim, orang-orang Rusia sudah mulai “memindahkan” institusi pendidikan—sekolah, akademi, dan perguruan tinggi.

"Kemarin malam diumumkan bahwa 'lembaga administrasi', toko, dan pasar tidak akan beroperasi hari ini. Apa pun yang kami persiapkan, musuh pasti tidak senang,” tambah Wali Kota Melitopol yang dilengserkan seiring pendudukan Rusia itu.

Melitopol, yang berpenduduk 150.000 jiwa sebelum perang, merupakan salah satu wilayah pertama yang jatuh ke tangan pasukan Rusia setelah invasi besar-besaran dimulai pada Februari lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat