androidvodic.com

Ukraina Tuding Rudal Iskander Rusia Salah Sasaran Tewaskan 51 Warga Sipil Yang Sedang Melayat - News

News -- Sebanyak 51 orang dilaporkan tewas dalam sebuah penyerangan di Kharkov, Ukraina Timur, Kamis (6/10/2024).

Pihak Kiev pun menuding bahwa pembunuhan itu dilakukan oleh pasukan Rusia.

Pejabat Ukraina mengatakan bahwa ke-51 orang tersebut adalah orang sipil yang sedang melayat penguburan seorang tentara Ukraina yang tewas dalam pertempuran di awal invasi.

Baca juga: Rudal Iskander Hancurkan 60-an Legiun Georgia, Diburu Sejak Bantai Tentara Rusia yang Menyerah

Para korban itu disebut sebagai penduduk Groza, sebuah desa yang berpenduduk 330 jiwa.

Mereka rupanya datang ke sebuah tempat kecil yang mengadakan upacara pribadi untuk seorang pria lokal yang terbunuh pada awal konflik dengan Rusia.

Jenazahnya baru-baru ini digali dan dibawa ke Groza untuk dimakamkan kembali, menurut media lokal.

Dilaporkan Russia Today, Groza terletak sekitar 30 km sebelah barat Kupyansk, sebuah titik konflik utama antara pasukan Ukraina dan Rusia di bagian utara garis depan.

Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengklaim serangan itu melibatkan rudal Iskander yang diluncurkan dari darat oleh Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia belum mengomentari tuduhan tersebut. Namun, ketika ditanya tentang insiden Groza pada hari Jumat, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menegaskan kembali kebijakan militer Moskow yang tidak menargetkan situs sipil.

Serangan Rusia “hanya dilakukan pada infrastruktur militer dan lokasi di mana pasukan dan pimpinan militer berkumpul,” katanya.

Baca juga: Kharkiv Kembali Dihajar Rudal Rusia, 2 Roket Hantam Kota, Bocah 10 Tahun Terkubur di Reruntuhan

Presiden Ukraina Vladimir Zelensky mencap tragedi tersebut sebagai “kejahatan yang sangat brutal” dan “serangan teroris yang disengaja” oleh Rusia, namun tidak memberikan bukti atas klaim tersebut.

Dalam kejadian tersebut, Presiden Ukraina sedang menghadiri konferensi di Granada, Spanyol. Ia berusaha untuk mendapatkan bantuan militer dan sipil yang berkelanjutan untuk Kiev dari mitra Uni Eropa pada acara tersebut di tengah ketidakpastian bahwa salah satu negara pemberi dana terbesar Ukraina, Amerika Serikat, mungkin tidak akan menyalurkan lebih banyak dana terkait Kiev melalui Kongres mengingat gejolak politik yang terjadi baru-baru ini.

Dalam sambutannya yang berpusat pada kecaman terhadap operasi militer Rusia, ia menekankan pentingnya misinya untuk menggalang dukungan Eropa.

Pemimpin Ukraina sebelumnya menyalahkan Rusia atas beberapa insiden mematikan, meskipun bukti tidak mendukung kesimpulan tersebut.

Bulan lalu, dia menuduh Moskow sengaja menyerang pasar di kota Konstantinovka, Donbass. Serangan itu terjadi pada hari Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengunjungi Kiev dan menunjukkan “keberanian kejahatan,” menurut Zelensky.

The New York Times kemudian melaporkan bahwa bukti yang ditemukan oleh penyelidiknya menunjukkan bahwa rudal tersebut berasal dari Ukraina.

Surat kabar tersebut mengatakan bahwa rekaman serangan tersebut, bukti forensik di tempat kejadian, dan laporan saksi mata mengenai peluncuran Ukraina dari lokasi terdekat semuanya mengarah pada kecelakaan yang dilakukan oleh pasukan Kiev.

Pekan lalu, pihak berwenang Polandia mengonfirmasi bahwa rudal Ukraina bertanggung jawab atas kematian dua petani Polandia di desa perbatasan pada November lalu.

Zelensky mengklaim sejak awal bahwa insiden tersebut adalah serangan Rusia terhadap “keamanan kolektif” dan bersikeras bahwa Moskow bersalah meskipun ada pengumuman dari Warsawa di awal penyelidikan bahwa pasukan Ukraina kemungkinan besar menembakkan proyektil tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat