androidvodic.com

Masih Perangi Ukraina, Putin Diusulkan Kadyrov Jadi Kandidat Tunggal Pilpres Rusia 2024 - News

News - Pemimpin Republik Chechnya, Ramzan Kadyrov, mengusulkan agar Rusia melewatkan pemilihan presiden tahun depan.

Ia beralasan tidak ada yang bisa memimpin Rusia yang sedang berperang dengan Ukraina, selain Presiden Vladimir Putin.

“Saya mengusulkan sekarang, ketika ada operasi militer khusus (di Ukraina), untuk memutuskan dengan suara bulat bahwa kita hanya akan memiliki satu kandidat dalam pemilu, Vladimir Putin," kata Ramzan Kadyrov saat menghadiri acara publik untuk merayakan ulang tahun Putin di Grozny, Chechnya pada Sabtu (7/10/2023).

"Atau batalkan pemilu untuk sementara, karena kita tidak punya orang lain yang mampu membela negara kita saat ini,” lanjutnya.

Rapat umum perayaan tersebut menarik sekitar 25.000 orang, menurut pihak berwenang setempat, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Zelenskyy dan Putin Sikapi Perang Israel-Palestina yang Telah Tewaskan 1.000-an Orang

Duma Negara Tanggapi Usulan Ramzan Kadyrov

Sejauh ini, Presiden Vladimir Putin belum mengomentari usulan itu.

Usulan Ramzan Kadyrov mendapat reaksi terbatas dari legislatif Rusia.

Wakil ketua komite urusan internasional Duma Negara, Aleksey Chepa, berpendapat itu bukan ide yang tepat.

“Saya yakin pemilu tidak boleh ditunda. Saya memahami posisi Kadyrov. Saya pikir penting bagi presiden saat ini untuk memahami berapa banyak orang yang mendukungnya," kata Aleksey Chepa kepada News.ru, Minggu (8/10/2023).

Menurutnya, Rusia harus menyelenggarakan pemilu yang kompetitif dengan banyak kandidat.

"Adalah pantas untuk menyelenggarakan pemilu yang kompetitif – dengan banyak kandidat, hal ini tidak akan memberikan kesempatan kepada musuh kita untuk menentang hasilnya,” kata Chepa.

Putin Mungkin akan Calonkan Diri Lagi

Foto ini didistribusikan oleh lembaga milik negara Rusia Sputnik menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri sidang pleno forum Klub Diskusi Valdai di Sochi pada 5 Oktober 2023.
Foto ini didistribusikan oleh lembaga milik negara Rusia Sputnik menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri sidang pleno forum Klub Diskusi Valdai di Sochi pada 5 Oktober 2023. (Grigory SYSOYEV / POOL / AFP)

Baca juga: Putin: Bukan Dirudal, Bos Wagner Prigozhin Tewas karena Ledakan Granat di Pesawat

Surat kabar Rusia, Kommersant, melaporkan Presiden Rusia Vladimir Putin mungkin akan mencalonkan diri lagi dalam pemilihan presiden Rusia pada tahun 2024.

Para pejabat Rusia menduga Putin mungkin mengumumkan ia akan mengambil bagian dalam pemilu, menurut sumber yang dekat dengan pemerintahan kepresidenan Rusia.

Mereka menduga Putin mungkin mengumumkannya dalam konferensi bulan November 2023.

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan juru bicaranya Dmitry Peskov (kiri) menghadiri pertemuan Dewan Ekonomi Eurasia Tertinggi di Balai Kongres di Bishkek pada 9 Desember 2022. VYACHESLAV OSELEDKO / AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan juru bicaranya Dmitry Peskov (kiri) menghadiri pertemuan Dewan Ekonomi Eurasia Tertinggi di Balai Kongres di Bishkek pada 9 Desember 2022. (VYACHESLAV OSELEDKO / AFP)

Baca juga: Vladimir Putin Disebut-sebut akan Calonkan Diri jadi Presiden Rusia di Pemilu 2024

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat