androidvodic.com

FBI Bongkar Skema Korea Utara Kumpulkan Dana untuk Program Rudal, Kirim Pekerja IT ke Perusahaan AS - News

News - Ribuan pekerja teknologi informasi (IT) yang dikontrak perusahaan-perusahaan AS selama bertahun-tahun, rupanya diam-diam mengirimkan jutaan dolar gaji mereka ke Korea Utara.

Kiriman uang itu digunakan untuk membantu mendanai program rudal balistik Korea Utara, ungkap pejabat FBI dan Departemen Kehakiman AS, Associated Press melaporkan.

Departemen Kehakiman AS mengatakan, pada hari Rabu (18/10/2023), bahwa pekerja IT yang dikirim oleh Korea Utara, bekerja secara remote atau jarak jauh dengan perusahaan-perusahaan yang ada di St. Louis dan tempat lain di AS.

Karena bekerja secara remote, mereka tidak benar-benar tinggal di AS dan menampakkan diri di perusahaan.

Mereka bahkan menggunakan identitas palsu untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Uang yang mereka peroleh kemudian disalurkan ke program senjata Korea Utara, kata para pemimpin FBI pada konferensi pers di St. Louis, Missouri, AS.

Baca juga: Korea Utara Eksekusi Remaja di Negaranya Karena Menonton Drama Korea Selatan

Dokumen pengadilan menyatakan bahwa pemerintah Korea Utara mengirimkan ribuan pekerja IT terampil untuk tinggal terutama di China dan Rusia dengan tujuan menipu perusahaan-perusahaan di AS dan negara lain agar mempekerjakan mereka sebagai karyawan lepas jarak jauh.

Para pekerja menggunakan berbagai teknik agar terlihat seperti mereka bekerja di AS.

Mereka bahkan membayar orang Amerika untuk menggunakan koneksi Wi-Fi di rumah mereka, kata Jay Greenberg, agen khusus yang bertanggung jawab di kantor FBI St. Louis.

Seorang juru bicara FBI mengatakan, pada hari Kamis, bahwa Korea Utara memiliki kontrak dengan perusahaan-perusahaan di seluruh Amerika dan di beberapa negara lain.

“Kami dapat memberitahu Anda bahwa ada ribuan pekerja IT Korea Utara yang menjadi bagian dari hal ini,” kata juru bicara Rebecca Wu.

Otoritas federal mengumumkan penyitaan $1,5 juta dan 17 nama domain sebagai bagian dari penyelidikan yang saat ini sedang berlangsung.

Pejabat FBI mengatakan, skema ini sangat lazim sehingga perusahaan harus ekstra waspada dalam memverifikasi siapa yang mereka rekrut, termasuk mewajibkan orang yang diwawancarai setidaknya terlihat melalui video.

“Setidaknya, FBI merekomendasikan agar perusahaan mengambil langkah proaktif tambahan terhadap pekerja TI jarak jauh untuk mempersulit pelaku kejahatan menyembunyikan identitas mereka,” kata Greenberg dalam rilis berita.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat