androidvodic.com

Israel Kini Kobarkan Perang di Tiga Front: Gaza, Lebanon, dan Suriah, AS Kirim Tambahan Rudal - News

Israel Kini Kobarkan Perang di Tiga Front: Palestina, Lebanon, dan Suriah, AS Kirim Tambahan Rudal

News - IDF, militer Israel, kini tidak hanya berperang melawan Hamas di Gaza, Palestina.

Perang tersebut meluas ke negara-negara tetangga seperti Lebanon dan Suriah ketika Israel meningkatkan serangan udara terhadap kedua negara Arab tersebut.

Menyusul meningkatnya serangan Israel tersebut, Amerika Serikat (AS) dilaporkan juga telah mengirim lebih banyak aset militer ke wilayah tersebut.

Baca juga: Iran Kian Bikin Cemas, AS Kerahkan Tambahan Sistem Rudal THAAD dan Patriot di Dekat Israel

Tambahan peralatan tempur AS itu untuk memperkuat pasukan Israel menyusul apa yang disebut oleh Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin sebagai “eskalasi yang dilakukan Iran dan pasukan proksinya baru-baru ini.”

Hizbullah, kelompok militan yang didukung Iran, telah memerangi pasukan Israel di perbatasan utara Lebanon dengan Israel.

Sehari setelah Israel menyatakan perang, Hizbullah meluncurkan puluhan roket ke posisi Israel untuk mendukung “perlawanan Palestina.”

Israel juga menargetkan bandara internasional Damaskus dan Aleppo di Suriah, tempat Iran mempertahankan kehadiran militernya.

Serangan Israel itu dilaporkan menewaskan dua pekerja.

Rudal Patriot
Rudal Patriot (Anthony Sweeney/U.S. Army Europe)

AS Kirim Persenjataan Tambahan

Austin mengatakan kepada program "Minggu Ini" di ABC News, kalau pihak AS khawatir mengenai potensi eskalasi konflik.

"Faktanya, apa yang kami lihat... adalah prospek peningkatan serangan yang signifikan terhadap pasukan dan rakyat kami di seluruh wilayah. Dan oleh karena itu, kami akan melakukan apa yang diperlukan untuk memastikan bahwa pasukan kami... berada dalam posisi yang baik, dan mereka terlindungi, dan bahwa kami memiliki kemampuan untuk merespons," kata Menhan AS tersebut.

"Washington juga akan mengirim lebih banyak pasukan dan sistem Terminal High Altitude Area Defense system (THAAD) serta batalion sistem rudal pertahanan udara Patriot tambahan ke Israel," kata Austin dilansir Reuters.

Adapun Israel telah mengumpulkan pasukan dan peralatan di dekat perbatasan dengan Gaza menjelang perkiraan invasi darat besar-besaran ke wilayah tersebut.

Baca juga: Iran Kian Bikin Cemas, AS Kerahkan Tambahan Sistem Rudal THAAD dan Patriot di Dekat Israel

Sistem peluncuran rudal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) Angkatan Darat AS telah siap di Israel, 4 Maret 2019.
Sistem peluncuran rudal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) Angkatan Darat AS telah siap di Israel, 4 Maret 2019. (© Cory PAYNE / DVIDS / AFP)

Kepala Staf Umum Israel Letjen Herzi Halevi mengatakan kepada pasukan: "Kami akan pergi ke Jalur Gaza...untuk menghancurkan operasi Hamas dan infrastruktur Hamas."

Korban tewas warga Palestina di Gaza telah melampaui 4.300 orang setelah Israel melakukan "pengepungan total" di jalur tersebut, kata Kementerian Kesehatan Palestina, seperti dilaporkan The Associated Press.

Kekerasan juga meningkat di Tepi Barat, dengan lebih dari 90 warga Palestina dilaporkan tewas di wilayah tersebut sejak dimulainya perang.

(oln/BI/Rtrs/AP/*)
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat