androidvodic.com

PM Belanda Rutte dan Presiden Prancis Macron akan Kunjungi Israel Pekan Ini - News

News - Perdana Menteri (PM) Belanda, Mark Rutte, akan mengunjungi Israel pada hari ini, Senin (23/10/2023).

Tak hanya mengunjungi Israel, PM Belanda Mark Rutte juga akan bertemu dengan Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas.

Sementara itu, Presiden Prancis, Emmanuel Macron, juga akan berkunjung ke Israel pada besok Selasa (24/10/2023).

Dikutip dari BBC, Rutte dan Macron dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte (kanan) dan Presiden Prancis Emmanuel Macron berjabat tangan saat konferensi pers bersama setelah pertemuan mereka di gedung parlemen Belanda
Perdana Menteri Belanda Mark Rutte (kanan) dan Presiden Prancis Emmanuel Macron berjabat tangan saat konferensi pers bersama setelah pertemuan mereka di gedung parlemen Belanda "Binnenhof", di Den Haag, Belanda, pada 30 Januari 2023. (Ludovic MARIN / AFP)

Hal itu merupakan kunjungan diplomatik terbaru setelah kunjungan PM Inggris Rishi Sunak, Presiden AS Joe Biden, dan Kanselir Jerman Olaf Scholz ke Israel pekan lalu.

Kunjungan Biden kala itu adalah memperjelas dukungan Amerika Serikat dan meyakinkan Israel agar setuju mengizinkan bantuan kemanusiaan mengalir ke Gaza, dikutip dari NPR.

Sementara PM Inggris Sunak mengunjungi Israel pekan lalu untuk menyatakan solidaritas dengan rakyat Israel.

Baca juga: Stok Bahan Bakar di Gaza yang Menipis Jadi Bencana bagi Rumah Sakit

Perkembangan Terkini Perang Israel - Hamas

Dikutip dari Al Jazeera, berikut adalah perkembangan yang terjadi per 22 Oktober 2023:

1. Sebanyak 400 warga Palestina telah tewas dalam serangan udara Israel tanpa henti di Gaza dalam 24 jam terakhir, menurut kantor media Palestina WAFA.

2. Rumah Sakit Al-Aqsa di Gaza tengah mengatakan 65 persen korban yang dibawa ke rumah sakit pada Minggu (22/10/20230) malam adalah anak-anak.

3. Direktur Rumah Sakit Al-Shifa di Gaza utara mengatakan fasilitas medis tersebut berada di ambang "bencana nyata", dengan bahan bakar yang mungkin habis dalam 48 jam ke depan.

4. Lebih dari selusin orang telah ditangkap menyusul tindakan keras yang dilakukan oleh pasukan bersenjata Israel di kota Ramallah, Tepi Barat, serta di Nablus.

Satu orang dilaporkan terluka setelah dia ditembak di bagian dada oleh pasukan Israel.

5. Militer Israel mengatakan pihaknya menyerang dua sasaran Hizbullah di Lebanon pada Senin (23/10/2023) pagi, yang diklaim berencana meluncurkan rudal anti-tank dan roket ke arah Israel.

6. Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Inggris, dan AS mengeluarkan pernyataan bersama yang menggarisbawahi dukungan mereka terhadap Israel dan juga menyerukan agar Israel mengikuti hukum kemanusiaan internasional dan melindungi warga sipil.

7. Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara memperingatkan bahwa para dokter mungkin terpaksa menghentikan operasi jika rumah sakit tersebut tidak mendapatkan bahan bakar untuk menjalankan fasilitas tersebut.

Daerah sekitar rumah sakit juga menjadi sasaran Israel pada hari ini, Senin (23/10/2023).

(News, Widya)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat