androidvodic.com

Israel Umumkan Fase Baru Aksi Militer Lawan Hamas Dimulai, Lima Ribu Tentara AS Ikut Masuk Gaza - News

Israel Umumkan Dimulainya Fase Baru Aksi Militer Lawan Hamas, Lima Ribu Tentara AS Ikut Serta Masuk Gaza

News - Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant mengumumkan, militernya sudah memulai tahap baru operasi di Jalur Gaza, Sabtu (28/10/2023).

Pengumuman itu menyusul laporan sebelumnya pada Jumat (27/10/2023) malam kalau IDF, tentara Israel, ditemani pasukan elite Amerika Serikat (AS) Delta Force, sudah masuk ke wilayah Gaza dalam serangan darat skala besar pertama mereka.

Baca juga: Tentara Israel Ditemani Pasukan Elite Delta Force AS Masuk Gaza, Hamas Sambut Pakai Rudal Kornet

Gallant menyebut tahap baru operasi militer di Gaza akan berlanjut hingga ada perintah baru selanjutnya.

“Kami telah memasuki fase baru dalam perang… (Aksi militer) akan terus berlanjut sampai perintah baru dikeluarkan,” kata Gallant seperti dikutip oleh sebuah surat kabar Israel.

Seperti diberitakan, Israel menggambarkan operasi militer mereka ke Gaza untuk menyapu bersih pejuang Palestina Hamas yang menyerang pada Sabtu (7/10/2023) silam.

Operasi militer IDF itu akan berlangsung dalam tiga tahap.

Pertama, bombardemen lewat serangan udara, langkah yang sudah dilakukan selam tiga minggu tanpa henti di Gaza dan menewaskan lebih dari enam ribu warga, termasuk wanita dan anak-anak.

Baca juga: Rencana Israel Buat Gaza: Tiga Tahap Operasi Militer Lalu Cuci Tangan, Bikin Pemerintahan Boneka

Tahap kedua adalah serangan darat besar-besaran di dalam wilayah Gaza yang dikuasai Hamas. Langkah ini sempat tertunda selama beberapa waktu namun akhirnya dieksekusi pada Jumat malam kemarin setelah sejumlah upaya percobaan dalam skala kecil.

Tahap berikutnya adalah menyiapkan kepemimpinan baru di Gaza jika Hamas sukses mereka berangus.

Api dan asap membubung di atas gedung-gedung di Kota Gaza selama serangan udara Israel pada 8 Oktober 2023. Tentara Israel dilaporkan sudah melancarkan serangan darat skala besar ke dalam Gaza pada Jumat (27/10/2023) malam dengan ditemani pasukan elite AS, Delta Force dan di bawah perlindungan serangan udara. Semua jaringan telepon dan internet di Gaza diputus dalam serangan malam itu.
Api dan asap membubung di atas gedung-gedung di Kota Gaza selama serangan udara Israel pada 8 Oktober 2023. Tentara Israel dilaporkan sudah melancarkan serangan darat skala besar ke dalam Gaza pada Jumat (27/10/2023) malam dengan ditemani pasukan elite AS, Delta Force dan di bawah perlindungan serangan udara. Semua jaringan telepon dan internet di Gaza diputus dalam serangan malam itu. (Kredit Foto: MAHMUD HAMS / AFP)

Total 5.000 Tentara AS Ikut dalam Serangan Semalam Israel di Gaza Utara

Sebanyak 5.000 tentara Amerika Serikat (AS) dilaporkan ikut ambil bagian dalam operasi darat Israel pada Jumat malam tersebut di Gaza utara.

Kabar itu dilansir kantor berita Iran pada Sabtu (27/10/2023), mengutip sejumlah sumber.

"Operasi Israel dilaporkan melibatkan tiga divisi dan beberapa brigade Angkatan Bersenjata AS," menurut kantor berita tersebut.

Tentara Israel kini mencoba membagi Jalur Gaza menjadi dua atau tiga zona dengan masuk dari wilayah tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat