androidvodic.com

Israel Tak Terima Starlink Beri Akses Internet Bantuan Internasional ke Gaza - News

News- GAZA - Israel tak terima dan menyatakan keberatan atas rencana Starlink SpaceX memberikan akses internet kepada para organisasi internasional yang akan menyalurkan bantuan ke warga Palestina di Gaza.

Israel beralasan akan memperluas serangan darat militernya ke Gaza, Sejak dibombardir berhari-hari ini militer Israel, akses internet, listrik hingga air di Gaza kini terputus.

Akibatnya warga Palestina yang tetap bertahan tinggal di Gaza kini benar-benar terisolir. Akses permintaan pertolongan ke kendaraan ambulans tidak bisa dilakukan.

Pemilik Starlink, Elon Musk Sabtu lalu, 28 Oktober 2023, menyatakan siap mendukung hubungan komunikasi di Gaza dengan organisasi bantuan yang diakui secara internasional.

Organisasi-organisasi kemanusiaan internasional mengatakan, pemadaman listrik oleh Israel sejak Jumat (27/10/2023) malam memperburuk situasi yang sudah menyedihkan di Gaza.

Pemadaman listrik di Gaza menghambat operasi penyelamatan jiwa dan mencegah kontak dengan staf mereka di lapangan.

Sejauh ini SpaceX belum memberi tanggapan tentang bagaimana mereka akan memastikan koneksi Starlink digunakan oleh organisasi bantuan dan bukan oleh kelompok militan Palestina Hamas, yang menguasai Jalur Gaza.

Sementara itu, Menteri Komunikasi Israel, Shlomo Karhi, menyampaikan Israel akan menggunakan segala cara untuk melawan hal ini.

"Kantor saya akan memutuskan hubungan apa pun dengan Starlink," kata Shlomo Karhi, Sabtu, dikutip Reuters.

Baca juga: Israel Mulai Serangan Darat ke Gaza, Jerman Kerahkan 1.000 Pasukan Elite, Tanda-tanda Perang Besar?

Namun pada Minggu (29/10/2023), layanan internet dan telepon kembali tersedia di Gaza.

Layanan komunikasi di Gaza pulih menyusul pemadaman komunikasi yang telah diperingatkan oleh kelompok-kelompok kemanusiaan.

Paltel Group yang menyediakan layanan komunikasi di Gaza, mengatakan layanan telepon rumah, seluler, dan internet secara bertahap dipulihkan setelah terganggu oleh agresi yang berkelanjutan.

Baca juga: Tentara Israel Ditemani Pasukan Elite Delta Force AS Masuk Gaza, Hamas Sambut Pakai Rudal Kornet

“Tim teknis kami dengan tekun mengatasi kerusakan pada infrastruktur jaringan internal dalam kondisi yang menantang,” ujar pihak telekomunikasi itu dalam sebuah pernyataan, Minggu, dikutip dari Al Jazeera.

Gaza hampir mengalami pemadaman komunikasi total selama hampir 36 jam setelah serangan udara Israel pada hari Jumat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat