androidvodic.com

Ukraina Luncurkan Dua Rudal ATACMS AS Serang Sistem Pertahanan Udara Rusia di Krimea - News

Ukraina Luncurkan Dua Rudal ATACMS AS Serang Sistem Pertahanan Udara Rusia di Krimea

News - Angkatan Bersenjata Ukraina mengklaim kalau mereka telah berhasil menyerang bagian dari sistem pertahanan udara Rusia yang terletak di wilayah Krimea, Senin (30/10/2023).

Diketahui, pasukan Kiev memang menggencarkan serangan terhadap semenanjung Laut Hitam tersebut, yang dianeksasi oleh Moskow pada tahun 2014.

Gencarnya serangan Ukraina ke Krimea terjadi sejak pasukan Kiev melancarkan counter offensive, serangan balasan terhadap wilayah pendudukan pasukan Rusia pada awal Juni tahun ini.

Baca juga: Rusia Kerahkan Lumba-lumba Tempur ke Garis Depan Lawan Serangan Amfibi Pasukan Ukraina di Krimea

“Angkatan Bersenjata berhasil menyerang sasaran strategis sistem pertahanan udara di pantai barat Krimea yang diduduki Rusia,” kata unit komunikasi strategis angkatan darat Ukraina di media sosial.

Pernyataan tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Adapun Kementerian Pertahanan Rusia juga belum memberikan komentar resmi.

Namun saluran Telegram Rybar, channel berpengaruh yang dekat dan terafiliasi dengan tentara Rusia – juga melaporkan “serangan gabungan” oleh tentara Kiev terhadap Krimea.

Mereka menyebut, Ukraina telah meluncurkan dua rudal ATACMS AS yang menghantam lokasi di dekat desa Olenivka, di pantai barat Krimea.

Rybar mengatakan pasukan Rusia tidak mampu menjatuhkan rudal tersebut.

“Tetapi berkat tindakan yang diambil sebelumnya tidak ada kerusakan serius,” tulis laporan saluran tersebut.

Baca juga: Putin Kunjungi Markas Besar Komando Militer, Rudal ATACMS AS di Ukraina Bikin Rusia Kalah?

Operator drone Ukraina dari Brigade Mekanik Terpisah ke-24 menguji peralatan militer baru termasuk drone FPV di area pelatihan di tengah perang Rusia-Ukraina di Oblast Donetsk, Ukraina pada 03 Agustus 2023.
Operator drone Ukraina dari Brigade Mekanik Terpisah ke-24 menguji peralatan militer baru termasuk drone FPV di area pelatihan di tengah perang Rusia-Ukraina di Oblast Donetsk, Ukraina pada 03 Agustus 2023. (Wojciech Grzedzinski/Anadolu Agency via Getty Images)

Ukraina Juga Kerahkan Drone

Akun  tersebut juga melaporkan, setengah jam setelah serangan dua rudal ATACMS AS oleh Ukraina tersebut, para pelaut Armada Laut Hitam menemukan tiga drone angkatan laut Ukraina di dekat Sevastopol.

Rybar mengatakan salah satu dari drone itu “hancur”, sementara dua lainnya mencoba memasuki Teluk Khersones sebelum ditembak dan ditenggelamkan oleh pasukan Rusia.

Ukraina secara teratur menargetkan Armada Laut Hitam Rusia di Krimea.

Pada bulan September, Kiev mengatakan pihaknya telah menyerang markas simbolis tentara Rusia di Sevastopol.

(oln/*/tmt)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat