androidvodic.com

Amerika Jadi Negara Pemasok Senjata Terbesar ke Israel, Setahun Sumbang 3,8 Miliar Dolar AS - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, TEL AVIV – Sejak pertempuran di Gaza memanas, Israel diperkirakan telah menghabiskan anggaran sebesar 51 miliar untuk perang melawan Hamas.

Anggaran perang dengan jumlah yang fantastis itu sontak memicu pertanyaan publik terkait asal pendanaan yang didapat pemerintah Israel, belakangan diketahui pendapatan tersebut didapat Israel berkat sokongan dana yang aktif diberikan sekutunya yakni Amerika Serikat, sebagai bentuk kampanye untuk memerangi Hamas.

Adapun bantuan yang digelontorkan AS kepada Israel dituangkan dalam nota kesepahaman (MOU) berdurasi 10 tahun yang berisi perjanjian yang menjelaskan Amerika akan memberikan bantuan militer kepada Israel hingga tahun 2028 lewat program Pembiayaan Militer Asing (FMF), yaitu hibah yang memungkinkan penerimanya membeli barang dan jasa pertahanan AS.

Baca juga: 39 Bayi Kritis Akibat Israel Blokade Listrik di Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Tak tanggung – tanggung untuk membantu negara Israel melumpuhkan Hamas, setiap tahunnya negeri Paman Sam ini menyumbangkan bantuan militer senilai 3,8 miliar dolar AS atau setara Rp 60,27 triliun sejak 1946 hingga 2023.

Apabila jumlah tersebut di total, maka bantuan pertahanan yang diberikan Amerika ke Israel selama 77 tahun terakhir telah mencapai 124 miliar dolar AS atau Rp 1.966,48 triliun (Satuan kurs Rp 15.694).

Jumlah tersebut bahkan melampaui dua kali lipat dari penerima bantuan luar negeri AS untuk Mesir yang hanya 151,9 miliar dolar AS dalam 77 tahun terakhir, sebagaimana dikutip dari data Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI).

Alasan Amerika Dukung Israel

Hubungan mesra yang terjalin antara Amerika Serikat dengan Israel hingga membuat Washington rela memberikan dukungan militer, keuangan, dan diplomatik berskala besar kepada Tel Aviv lantaran Israel memegang peran utama dalam menjaga kepentingan AS di kawasan Timur Tengah.

Salah satunya karena Israel berfungsi sebagai penyalur persenjataan AS ke rezim global seperti apartheid Afrika Selatan, Republik Islam di Iran, junta militer di Guatemala, dan Contras Nikaragua.

Tak hanya itu AS melihat bahwa Israel adalah negara yang bisa membantunya untuk menguasai minyak di Timur Tengah. AS menilai Israel sebagai mitra yang dapat memperkuat posisinya di kawasan tersebut dan mengimbangi pengaruh Soviet.

Dikutip dari Al Jazeera, faktor lain yang melatarbelakangi dukungan AS lantaran Israel masih memegang kendali lebih besar dalam opini publik Amerika, menurut survei tahunan yang dilakukan oleh Gallup di 2022 kemarin sebanyak 58 persen warga AS lebih bersimpati terhadap Israel, sementara 75 persen warga AS menilai Israel lebih baik.

Berkat suara tersebut, Partai Demokrat, Partai Republik, hingga mayoritas anggota Kongres menyatakan dukungan mereka terhadap Israel agar dapat menguasai opini publik masyarakat Amerika.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat